Kepolisian Resor (Polres) Situbondo, Jawa Timur membantu masyarakat yang membutuhkan air bersih dengan membangun sumur bor dalam rangkaian kegiatan memperingati Hari Ulang Tahun Ke-78 Bhayangkara tahun 2024.

Pembuatan sumur bor ini dilaksanakan di Dusun Karang Gedang, Desa Tanjung Pecinan, Kecamatan Mangaran, karena terdapat ratusan warga di kampung tersebut yang membutuhkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari seperti minum, memasak dan lainnya.

"Kami membuat sumur bor di sini karena masyarakat selama ini kesulitan mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari, sehingga kami mengupayakan membuat sumur bor dan dibantu juga oleh warga," kata Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto usai meresmikan sumur bor itu, Selasa.

Menurut dia, dengan dibangunnya sumur bor di Dusun Karang Gedang itu diharapkan sekitar 500 jiwa yang selama ini kekurangan air bersih untuk kebutuhan minum dan memasak dapat memanfaatkannya.

Pembangunan sumur bor itu, lanjut AKBP Dwi SR, juga merupakan bagian dari tanggung jawab Polri untuk membantu masyarakat dalam mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

Langkah seperti pembangunan sumur bor ini menjadi solusi dalam mengurangi dampak dari kekurangan air bersih karena air bersih adalah kebutuhan dasar masyarakat.

"Sumur bor ini diharapkan akan memberikan manfaat jangka panjang dalam memenuhi kebutuhan air bersih warga. Kami minta kepala desa dan warga menjaga dan merawat sumur bor ini," tutur Kapolres Dwi SR.

Sementara itu, salah seorang warga Dusung Gedang, Sunaryo, mengaku senang dan bahagia atas pembuatan sumur bor oleh Polres Situbondo, karena memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat setempat.

"Air di sini dibuat mandi saja licin seperti berlumut, juga asin. Oleh karena itu, kami menyampaikan terima kasih kepada Pak Kapolres telah membantu kami membuat sumur bor dan air yang layak untuk kami minum dan memasak," tuturnya.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024