Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Situbondo, Jawa Timur mempersiapkan pemenuhan komposisi sekretariat panitia pengawas pemilu  kecamatan (panwaslucam) Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024.

Ketua Bawaslu Kabupaten Situbondo Ahmad Farid Ma'ruf kepada wartawan di Situbondo, Jumat, mengatakan telah melakukan audiensi  dengan Bupati Situbondo Karna Suswandi membahas berbagai persiapan pemilihan kepala daerah.

"Hari ini kami audiensi dengan bupati dalam rangka pemenuhan komposisi kesekretariatan di panwaslu kecamatan. Di masing-masing kecamatan itu kan ada dua unsur dari tenaga pegawai negeri sipil (PNS)," ujarnya.

Bawaslu Situbondo sebenarnya telah mempersiapkan nama-nama pegawai negeri sipil yang akan mengisi sekretariat panwaslu kecamatan yang tersebar di 17 kecamatan.

"Kami ingin ini segera ditindak lanjuti oleh Bupati Situbondo sebagai rekomendasi ke Bawaslu Provinsi Jawa Timur. Sehingga nanti dikeluarkan SK oleh Sekretariat Bawaslu Jawa Timur," kata Faridl.

Dalam audiensi komisioner Bawaslu dan bupati, lanjut dia, juga membahas kebutuhan lima orang staf PNS di Bawaslu Kabupaten Situbondo selama tahapan pemilihan kepala daerah.

Selain itu, komisioner Bawaslu juga membahas pencairan tahap kedua dana hibah Pilkada Serentak 2024 dari Pemkab Situbondo ke Bawaslu Situbondo.

"Karena berdasarkan surat perjanjian dana hibah kemarin itu pencairan tahap kedua adalah lima bulan setelah pencairan tahap pertama," tutur Faridl.

Pencairan dana hibah Pilkada 2024 tahap pertama sudah dilakukan pada bulan Januari lalu, dan saat ini sudah memasuki bulan ke lima.

"Artinya sekarang sudah masuk pencairan tahap kedua. Totalnya kami mendapatkan dana hibah Rp14 miliar dan pencairannya hanya dua tahap. Tahap pertama kami menerima 40 persen atau senilai Rp5,6 miliar, sedangkan sisanya 60 persen ini dicairkan di tahap kedua," kata Faridl.

Ia mengaku mendapatkan respons positif dari hasil audiensi bersama Bupati Karna Suswandi.

"Poin-poin yang menjadi pembahasan tadi, semuanya direspons positif. dan  akan ditindak lanjuti dalam waktu dekat," ujarnya.

Pemilihan bupati dan wakil bupati Situbondo dijadwalkan akan diselenggarakan pada Rabu, 27 November 2024.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024