Desa Tulungrejo di Kota Batu masuk dalam tiga besar Lomba Desa dan Kelurahan (Lomdeskel) Provinsi Jawa Timur yang diharapkan mampu menjadi motivasi desa-desa lain di wilayah itu untuk mengembangkan potensi yang dimiliki.

Penjabat (Pj) Wali Kota Batu Aries Agung Paewai di Kota Batu, Kamis, mengatakan sebelum dilakukan penilaian Lomdeskel oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) pihaknya telah melakukan sejumlah pembenahan untuk menambah penilaian.

"Tentunya kita sangat senang dengan masuknya Desa Tulungrejo di Kecamatan Bumiaji ini sebagai tiga terbaik Lomba Desa Tingkat Provinsi Jawa Timur," kata Aries.

Dengan demikian, kata dia, diharapkan desa tersebut menjadi rujukan bagi desa-desa lain di wilayah itu untuk berkembang dan lebih maju.

Baca juga: Idul Adha 1445 H, Pemkot Batu pastikan hewan kurban aman dikonsumsi

Dalam ajang tersebut Desa Tulungrejo bersaing dengan dua desa lainnya yaitu Desa Pontang di Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember, dan Desa Kemirigede di Kecamatan Kesamben, Kabupaten Blitar.

Capaian Desa Tulungrejo tersebut, kata dia, juga diharapkan menjadi motivasi untuk sektor lainnya dalam pengembangan potensi unggulan pada setiap desa, seperti pertanian, pariwisata, dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

"Semoga dapat memberikan dampak positif, terutama bagi desa-desa di Kota Batu, untuk terus mengembangkan potensi desanya untuk kesejahteraan masyarakat," katanya.

Ketua Tim Penilai Lapang Mochamad Wahyudi menambahkan Lomdeskel Provinsi Jawa Timur merupakan rangkaian dari tahapan yang diamanahkan oleh Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri).

Menurutnya, tujuan Lomdeskel untuk mendorong dan memberi motivasi kepada pemerintahan desa dan kelurahan meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan kepada masyarakat.

Selain itu, lanjutnya, Lomdeskel diharapkan dapat mendorong pemerintah desa dan kelurahan untuk mengidentifikasi, mengoptimalkan, dan mengevaluasi potensi yang ada serta usaha pembangunan desa dan kelurahan. "Hal itu harus sesuai dengan tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien," kata Wahyudi.

Lomdeskel Provinsi Jawa Timur tersebut, lanjutnya, akan menjadi satu dengan Program Pelaksana Terbaik 10 Program Pokok PKK. Desa Tulungrejo Kota Batu telah bersaing dengan 7.700 desa lain yang ada di Jatim. 

Dalam kesempatan itu tim penilai secara langsung telah melihat 12 kategori yang menjadi dasar penilaian yaitu pelaksanaan pemerintahan dan perencanaan, pendidikan, kegiatan PKK, administrasi batas dan kerja sama desa, kelembagaan masyarakat, kesehatan, keterbukaan informasi publik dan KIM, inovasi pelayanan BUMDes, keamanan dan ketertiban, keuangan aset prestasi BPD LPMK, ekonomi investasi dan penanggulangan kemiskinan, serta tanggap bencana.

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024