Rumah Potong Hewan (RPH) Kabupaten Magetan, Jawa Timur membantu masyarakat dengan memotong sebanyak 95 ekor sapi kurban secara gratis dalam rangka momentum Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magetan Nur Hariyani mengatakan selama perayaan idul adha, RPH Magetan memberikan layanan pemotongan hewan kurban secara gratis pada 17 hingga 20 Juni 2024.

"Masa aktivitas pemotongan hewan kurban di RPH mulai tanggal 17 sampai 20 Juni 2024. Hingga saat ini, kami telah menerima 95 permintaan pemotongan sapi kurban," ujar Nur Hariyani saat meninjau aktivitas pemotongan di RPH Magetan, Senin.

Menurutnya, jumlah hewan kurban yang dipotong di tempat tersebut mengalami peningkatan signifikan dibandingkan dengan tahun lalu yang hanya sekitar 70 ekor sapi.

"Kapasitas kami setiap harinya RPH dapat melayani pemotongan 30 sampai 35 ekor sapi," kata dia.

Nur Hariyani menjelaskan, banyak masyarakat yang memilih memotong hewan kurban di RPH karena lebih praktis, bersih, dan tidak repot. Sehingga panitia kurban tinggal membagikan saja.

Dia juga memastikan bahwa hewan kurban yang ada di kandang RPH Magetan layak untuk dipotong. Pada pemotongan hari pertama ini tidak ditemukan adanya penyakit Lumpy Skin Disease (LSD) atau Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan kurban sapi.

"Gejala klinis tidak ditemukan dengan adanya pengecekan dari awal di peternakan sehat. Karena untuk kurban, syarat pertama memang harus sehat, tidak cacat, tidak kurus, jantan, dan layak untuk dipotong," katanya.

Setiap ternak yang masuk ke RPH, lanjutnya, akan menjalani pemeriksaan ketat, baik sebelum maupun sesudah penyembelihan, untuk memastikan aspek halal pada daging yang akan didistribusikan kepada masyarakat.

"Proses penyembelihan pada hari pertama belum ditemukan kendala, semua dalam keadaan sehat, dan semuanya layak dipotong untuk kurban," katanya.

Ia juga menyatakan bahwa setiap penyembelihan akan didampingi oleh dokter hewan yang disiapkan di RPH Magetan. Hal ini dilakukan untuk memastikan kesehatan dan kelayakan hewan kurban yang disembelih.

Dengan adanya layanan ini, diharapkan dapat membantu masyarakat dalam melaksanakan ibadah kurban dengan lebih mudah dan terjamin kebersihannya.(*)

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : A Malik Ibrahim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024