Pemerintah Kabupaten Situbondo menyalurkan 43 ekor hewan kurban berupa sapi dan kambing ke masjid dan pondok pesantren untuk disembelih pada Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah.

Bupati Situbondo Karna Suswandi, Senin, mengemukakan pada tahun ini pemerintah daerah setempat selain menyalurkan hewan kurban pada Idul Adha ke pesantren dan masjid, juga langsung kepada masyarakat.

"Pada Idul Adha tahun ini hewan kurban dari Korps Pegawai Negeri (Korpri) ada 21 ekor sapi dan dua ekor domba, serta dari pemkab sendiri 20 ekor sapi," ujarnya.

Ia menyebutkan 20 ekor sapi kurban dibagikan ke 17 masjid agung di masing-masing kecamatan dan tiga ekor disebar ke tiga pondok pesantren, sedangkan 21 ekor sapi kurban dari Korpri dibagikan kepada 1.700 warga penerima.

"Untuk daging kurban yang diberikan kepada masyarakat langsung sudah ada sekitar 1.700 kupon. Kupon diberikan kepada warga yang layak menjadi penerima," katanya.

Bung Karna, sapaan akrab Karna Suswandi, menyampaikan selamat Hari Raya Idul Adha kepada seluruh umat Muslim.

Ia berharap, hewan kurban yang disalurkan oleh Korpri dan pemerintah daerah setempat menjadi berkah dan bermanfaat bagi masyarakat.

Dalam penyerahan secara simbolis hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha 2024, Bupati Karna Suswandi juga didampingi Sekda Wawan Setiawan dan sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) setempat.

Terkait dengan hasil pemeriksaan kesehatan hewan kurban, petugas Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Situbondo belum menemukan penyakit yang berbahaya, seperti penyakit mata dan kuku (PMK).

"Laporan petugas kami di lapangan, hewan kurban yang disembelih tidak ada yang sakit dan masih layak. Nanti kami update lagi," kata Kabid Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Situbondo Sulistiyani.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024