Bupati Situbondo Karna Suswandi bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah atau Forkopimda beserta kepala organisasi perangkat daerah (OPD) setempat shalat Idul Adha 1445 Hijriah bersama masyarakat di Masjid Agung Al Abror Situbondo, Jawa Timur, Senin.

Adapun yang bertindak sebagai Imam dan Khatib shalat Idul Adha yakni Habib Muhammad Abubakar Al Muhdar, yang juga menjabat sebagai Ketua Majelis Ulama Indonesia atau MUI Kabupaten Situbondo.

Dalam khutbahnya, Habib Muhammad menceritakan tentang keikhlasan dan ketaatan Nabi Ibrahim AS saat mendapat perintah untuk menyembelih putra tercintanya Nabi AS saat berusia remaja.

Baca juga: Pemkab Situbondo beri penghargaan sejumlah OPD inovatif

Bertahun-tahun Nabi Ibrahim bersama istrinya Siti Hajar menginginkan seorang putra, hingga dikaruniai Nabi Ismail Alaihissalam, namun saat Ismail berusia remaja, Allah memerintahkan Nabi Ibrahim untuk menyembelih Ismail.

"Nabi Ibrahim mengikuti perintah Allah untuk menyembelih putranya, Ismail. Namun saat akan disembelih, Allah menggantikan dengan seekor kambing surga," kata Habib Muhammad dalam khutbahnya.

Habib Muhammad juga berpesan kepada jamaah untuk selalu bersabar dan tidak berputus asa sebagaimana telah diisyaratkan Allah melalui ayatnya Inna ma'al 'usri yusro yang artinya sesungguhnya beserta kesulitan ada kemudahan.

"Maka yakinlah di dalam kesulitan pasti ada kemudahan," tutur Habib Muhammad.

Pelaksanaan shalat Idul Adha 1445 Hijriah juga dilaksanakan oleh jamaah Muhammadiyah di Stadion Muhammad Shaleh, dan di beberapa masjid.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024