Satuan Polisi Air dan Udara (Satpolairud) Kepolisian Resor Situbondo memeriksa kendaraan dan barang bawaan penumpang di kapal feri rute Madura-Situbondo dalam rangka Operasi Sikat Semeru 2024 di Pelabuhan Jangkar Situbondo, Jawa Timur, Rabu.

Kasat Polairud Polres Situbondo AKP Gede Sukarmadiyasa mengatakan pemeriksaan kendaraan maupun barang milik penumpang di Pelabuhan Jangkar itu dalam rangka Operasi Sikat Semeru 2024 untuk mengantisipasi penyelundupan barang berbahaya melalui jalur laut.

"Kami melakukan pemeriksaan semua kendaraan dan barang bawaan penumpang kapal feri yang hendak menyeberang ke Madura maupun yang dari Madura ke Situbondo, untuk memastikan tidak ada barang berbahaya yang dibawa," katanya.

AKP Gede mengemukakan, pemeriksaan barang-barang dan kendaraan penumpang yang akan menyeberang ke Pulau Raas Madura itu, juga untuk mengantisipasi aksi kriminalitas yang dapat mengganggu kondusivitas.

Pemeriksaan ini juga dalam rangka memelihara keamanan dan ketertiban di area pelabuhan," ujarnya.

Dari pantauan di lapangan, semua kendaraan yang memuat barang paket maupun sembako yang akan masuk ke area pelabuhan diperiksa oleh petugas Satpolairud untuk memastikan tidak ada barang yang berbahaya atau ilegal.

"Pemeriksaan tiket calon penumpang juga dicocokkan dengan identitas calon penumpang," kata AKP Gede Sukarmadiyasa.

Pelaksanaan Operasi Sikat Semeru 2024 ini melibatkan petugas dari KSOP Kelas IV Panarukan Situbondo dan TNI AL, dengan harapan tidak ada penyelundupan dan pencurian di wilayah perairan dan pelabuhan.

Sementara itu, karyawan ASDP Pelabuhan Jangkar Hery mengatakan terbantu dengan kegiatan yang dilakukan Satpolairud Polres Situbondo untuk mengantisipasi aksi tindak pidana sehingga situasi menjadi aman kondusif.

"Kami dari pihak Pelabuhan sangat mendukung kegiatan Operasi Sikat Semeru yang digelar Polres Situbondo untuk mencegah aksi kriminalitas di wilayah Perairan Situbondo," katanya.*

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024