Dinas Pariwisata Kabupaten Pasuruan menggandeng para konten kreator dan influencer di kabupaten setempat untuk membantu promosi pariwisata baik wisata alam, budaya, kuliner, religi maupun potensi desa-desa wisata.
 
Kabid Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Kabupaten Pasuruan Bachtiari Perihatin di Pasuruan, Senin, mengatakan, konten kreator maupun influencer memiliki pengaruh yang besar dalam menyebarluaskan informasi sehingga cepat diketahui oleh masyarakat.
 
"Oleh sebab itu, dengan menggandeng konten kreator dan influencer, potensi pariwisata di Kabupaten Pasuruan dapat terekspose secara maksimal, meski tetap harus dibantu oleh media resmi Dinas Pariwisata Kabupaten Pasuruan maupun Pemkab Pasuruan," tuturnya.
 
Ia mengatakan, para konten kreator dan influencer tersebut memiliki pengikut yang jumlahnya sampai ratusan ribu bahkan ada yang sampai jutaan pengikut.
 
"Inilah yang ingin kami harapkan dari mereka untuk bisa membantu mengungkit daya tarik wisata supaya semakin dikenal," katanya.
 
Ia mengatakan, upaya menggandeng para konten kreator maupun influencer merupakan bagian dari kolaborasi dan sinergitas pemerintah daerah, OPD dengan pihak lain. Utamanya sama-sama saling berdampak pada peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Pasuruan.

"Karena pemerintah tidak bisa jalan sendiri. Faktor keterbatasan anggaran dan SDM lah yang memang menjadi kendala sehingga pariwisata di Kabupaten Pasuruan hanya berjalan seperti biasanya," ujarnya
 
Ke depan, Dinas Pariwisata bersama konten kreator kreator serta influencer akan membuat beberapa proyek penting salah satunya tur wisata dengan paket lengkap dari satu tempat ke tempat yang lain.
 
Ia menjelaskan, selama tur berlangsung, para konten kreator diminta untuk memaksimalkan keahlian mereka dalam mem-posting sebuah tempat wisata. Sehingga, objek wisata tersebut semakin dikenal luas.
 
"Mereka bisa nge-tag tourism_pasuruan yang merupakan official resmi Dinas Pariwisata Kabupaten Pasuruan. Mereka ada konten yang dibuat, dan objek wisata juga terbantukan, karena dipromosikan," katanya.
 
Pemilik akun media sosial Seputar Pasuruan, Mochammad Umar berterima kasih kepada Dispar Kabupaten Pasuruan yang telah mengundang para pelaku media sosial untuk memberikan kontribusi pada pengembangan pariwisata.
 
"Harapannya kita terus bersinergi untuk memperkenalkan wisata di Kabupaten Pasuruan, karena saking banyaknya sampai tidak sedikit orang yang belum mengetahui potensi pariwisata di Kabupaten Pasuruan itu seperti apa," katanya.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024