PT PLN (Persero) berkomitmen mendukung pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air dengan kembali ikut serta menyukseskan gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 di Grand City Convex Surabaya pada 29 Mei – 2 Juni 2024.
 
"PLN ingin menyampaikan pesan bahwa masyarakat tidak perlu khawatir memiliki Electric Vehicle (EV), karena PLN telah siap untuk mendukung melalui berbagai promo maupun pembangunan infrastruktur pendukung kendaraan listrik baik berupa stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU), stasiun penukaran baterai kendaraan listrik umum (SPBKLU), maupun stasiun pengisian listrik umum (SPLU)," kata General Manager PT PLN (Persero) UID Jawa Timur, Agus Kuswardoyo di Surabaya, Jawa Timur, Selasa.
 
PLN sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), berkomitmen mendukung Pemerintah dalam mempercepat ekosistem kendaraan listrik terintegrasi di Indonesia, yang sejalan dengan langkah Pemerintah dalam mencapai net zero emissions (NZE) di tahun 2060.
 
Dukungan PLN terhadap pertumbuhan kendaraan listrik di antaranya menyediakan pasokan daya yang cukup, penyediaan SPKLU, SPLU, dan SPBKLU, yang terintegrasi pada Aplikasi PLN Mobile guna mendukung kemudahan bertransaksi.

Baca juga: PLN raih laba bersih Rp22,07 triliun pada 2023
 
"Dalam hal mendukung ekosistem kendaraan listrik khususnya di Jawa Timur, PLN telah menyediakan 126 unit SPKLU dan 350 unit SPLU bagi kendaraan listrik di Jawa Timur. Dari jumlah tersebut 65 unit SPKLU tersebar di sepanjang 23 titik lokasi di Tol Trans Jawa Timur," ujar Agus.
 
Pada pagelaran IIMS 2024, PLN juga memberikan diskon biaya penyambungan untuk pasang baru maupun tambah daya untuk layanan Home Charging Service (HCSL).
 
Biaya Tambah Daya untuk 1 fasa daya maksimal 11.000 VA hanya Rp150.000, dan 3 fasa daya maksimal 16.500 VA hanya Rp450.000.

Sedangkan untuk Pasang Baru 1 fasa hingga daya 7.700 VA sebesar Rp850.000 dan 3 fasa hingga daya 13.200 VA hanya sebesar Rp3.500.000. Selain diskon biaya penyambungan juga terdapat diskon tarif untuk pengisian daya kendaraan listrik bagi konsumen.
 
"Ini untuk memudahkan pemilik kendaraan listrik, jadi kami siapkan lagi tahun ini program spesial. Masyarakat yang sudah membeli mobil listrik bisa memanfaatkan fasilitas produk Layanan Home Charging Service (HCS) untuk mendapatkan diskon biaya penyambungan maupun diskon tarif sebesar 30 persen jika mengisi baterai kendaraan listriknya di rumah dari jam 22.00 sampai dengan 05.00," tutur Agus.

Pewarta: Willi Irawan

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024