Prodi Sistem dan Teknologi Informasi (Sistekin) Fakultas Teknik Untag Surabaya bekerja sama dengan Universiti Malaysia Perlis menggelar webinar bertajuk "Network and Security Webinar Series: Introduction to Security Management" via Zoom.

Senior Lecturer of School of Computer and Communication Engineering Universiti Malaysia Perlis Prof. Ir. Ts. Dr. Mohd Nazri Warip yang menjadi narasumber membahas materi terkait "Introduction to Computer Network Security Management".

"Jaringan adalah kumpulan komputer dan perangkat komunikasi yang terhubung bersama melalui peralatan jaringan dan media transmisi. Peralatan jaringan contohnya OXC, Router, MPLS, switch. Jaringan dapat dikategorikan berdasarkan domain jaringan, tingkat transmisi, ukuran dan topologi," katanya dalam keterangan diterima di Surabaya, Selasa.

Dia juga menjelaskan beberapa domain yang kerap ditemui di perusahaan dan kampus, seperti LAN, jaringan enterprise atau kampus, jaringan backbone, akses jaringan, dan distribusi.

Kemudian menjelaskan mengenai dasar-dasar keamanan jaringan, yaitu keamanan jaringan komputer adalah bidang luas yang didedikasikan menjaga data dan sistem informasi dari akses tidak sah, gangguan, penyalahgunaan atau perusakan. 

"Itu mencakup pengaturan teknologi, proses, dan praktik yang dirancang untuk melindungi kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan sumber daya jaringan," kata dia.

Kemudian terkait enam konsep kunci dalam keamanan jaringan komputer, yaitu ancaman dan kerentanan, tujuan keamanan (kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan), kontrol keamanan jaringan, arsitektur dan desain jaringan, kesadaran dan pelatihan keamanan, serta pemantauan berkelanjutan dan manajemen risiko.

Mahasiswa Semester II Sistekin Untag Surabaya Muhammad Ivan Hakim mengatakan webinar tersebut sangat berkesan.

"Webinar ini sangat berkesan karena dengan narasumber profesional dari Malaysia dapat membagikan ilmu dan pengalamannya terkait security management yang dapat mendukung proses belajar di perkuliahan," ucap Ketua Himpunan Mahasiswa Sistekin itu. 

Pewarta: Willi Irawan

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024