Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Situbondo, Jawa Timur meminta 51 orang panitia pengawas pemilu kecamatan (Panwaslucam) yang baru dilantik untuk menjadi "wasit" Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024 yang baik dan bertanggung jawab.

"Selamat menjalankan tugas dan kewajiban sebagai wasit yang baik, tanggung jawab, profesional dan penuh integritas berdasarkan prinsip yang harus dimiliki oleh seorang penyelenggara pemilu," kata Ketua Bawaslu Kabupaten Situbondo Ahmad Faridl Ma’ruf saat membacakan kata-kata pelantikan di aula salah satu hotel di Situbondo, Sabtu.

Setelah melantik mengambil sumpah sebanyak 51 orang Panwaslucam untuk Pilkada Daerah Serentak 2024, dia menjelaskan 51 orang panwaslu kecamatan yang dilantik itu akan bekerja di 17 kecamatan dan masing-masing kecamatan terdapat tiga anggota panwaslu kecamatan.

Dalam waktu dekat, lanjut Faridl, panwaslu kecamatan akan bekerja melakukan pengawasan-pengawasan pemutakhiran data pemilih dan melakukan pengawasan terhadap terbentuknya petugas petugas pemutakhiran data pemilih atau pantarlih.

"Teman-teman panwaslu kecamatan yang terdekat mereka bekerja mengawasi pelaksanaan pemutakhiran data pemilih pemilihan kepala daerah," kata dia.

Senada dengan itu, Bupati Situbondo Karna Suswandi yang juga hadir dalam acara itu juga menyampaikan selamat kepada para panwaslu kecamatan yang telah dilantik.

"Pertama saya menyampaikan selamat kepada seluruh panwaslu kecamatan yang tadi telah dilantik oleh ketua Bawaslu. Mudah-mudahan pelaksanaan pilkada berlangsung dengan lancar, aman, tertib dan damai," kata Bung Karna, sapaannya.

Menurut Bung Karna, petugas pengawasan dalam pemilihan kepala daerah penting dalam pelaksanaan kontestasi pemilihan kepala daerah.

"Pengawas adalah wasit, jadilah wasit yang baik dan mampu mempertanggungjawabkan terhadap pelaksanaan pemilihan. Saya yakin teman-teman panwaslu kecamatan bisa melaksanakan tanggung jawab yang diberikan," katanya.

Dari pantauan, pelantikan dan pengambilan sumpah panwaslu kecamatan juga dihadiri Forum pimpinan kecamatan (Forpimca) 17 kecamatan, Danramil, Kapolsek dan seluruh camat.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024