Partai Demokrat bersama Partai Hanura Situbondo mengusung bakal calon bupati dan wakil bupati Karna Suswandi dan Nyai Khoirani (Karunia) sebagai calon bupati dan wakil bupati Pilkada Serentak 2024, Sabtu.

Ketua DPC Partai Demokrat Situbondo Janur Sasra Ananda menjelaskan bahwa alasan partai berlogo bintang mercy itu mengusung kembali pasangan bakal calon Karunia, karena sudah terbukti kinerjanya selama kurang lebih tiga tahun terakhir.

"Selama Pak Karna dan Nyai Khoirani masih berkomitmen untuk memimpin Situbondo, Partai Demokrat tidak akan membuka pendaftaran calon bupati dan calon waki bupati. Bukan berarti kami menutup pintu, tetapi karena Pak Karna dan Nyai Khoirani bagian dari Partai Demokrat sehingga kami mengusung beliau berdua," katanya usai deklarasi.

Menurut Janur, aspirasi dari pengurus ranting dan PAC juga menjadi alasan Partai Demokrat mengusung pasangan bakal calon untuk kedua kalinya.

"Waktu safari Ramadhan kemarin saya tanya ke ranting dan PAC, bagaimana kepemimpinan Pak Karna dan Nyai Khoirani selama ini? Ranting Demokrat bilang Alhamdulillah pak warga di sini dapat bantuan sembako, jalannya sudah bagus," ujarnya.

Hasil survei dari lembaga  kredibel juga menunjukkan tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Karna Suswandi dan Nyai Khoirani cukup tinggi, yakni ada di angka 76,5 persen.

"Itu artinya apa? Sampai saat ini masyarakat cukup puas dengan pemerintahan Pak Karna dan Nyai Khoirani," kata Janur.

Janur memastikan dalam mengusung pasangan Karunia tidak ada mahar politik yang diminta oleh Partai Demokrat.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Hanura Kabupaten Situbondo Zuhri Nirwana mengungkapkan pasangan Karunia menjadi calon bupati dan wakil bupati tunggal dari partai yang dipimpin Oesman Sapta Odang tersebut untuk Pilkada Situbondo 2024.

"Karena kami melihat pasangan Pak Karna dan Nyai. Khoirani ini sudah terbukti kinerjanya dalam menyejahterakan masyarakat. Kemudian beliau berdua ini memiliki semangat yang tinggi dalam membangun Situbondo, sehingga sangat layak untuk diusung oleh Partai Hanura. Dan kami mengusung pasangan Karunia ini tanpa mahar apapun," tuturnya.

Data  diperoleh, pasangan bakal calon Karunia telah mengantongi tiket minimal untuk maju kembali di Pilkada Situbondo 2024. Sebab, kekuatan tiga partai pengusung yakni Golkar, Demokrat dan Hanura sudah memenuhi syarat 20 persen kursi DPRD Kabupaten Situbondo.

Rinciannya Golkar lima kursi, Demokrat tiga kursi dan Hanura satu kursi. Sehingga gabungan ketiga partai itu memiliki sembilan kursi dari total 45 kursi DPRD Kabupaten Situbondo.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024