Penjabat (Pj) Wali Kota Batu Aries Agung Paewai menyampaikan laporan kinerja triwulan I 2024 ke Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Jakarta, Rabu.

Dalam keterangan yang diterima di Kota Batu, Jawa Timur, Aries mengatakan salah satu fokus utama kinerja Pj Wali Kota Batu pada triwulan I 2024 menjaga stabilitas keamanan yang kondusif dan pelayanan kepada masyarakat berjalan dengan baik pada tahun politik 2024.

"Tahun politik menjadikan salah satu fokus utama kinerja Penjabat (Pj) Wali Kota Batu adalah menjaga stabilitas keamanan sehingga pelayanan kepada masyarakat berjalan dengan baik," kata dia.

Laporan kinerja tersebut disampaikan Aries kepada tim evaluator yang dipimpin oleh Sekretaris Inspektorat Jenderal Kemendagri A Husin Tambunan. Tahun politik 2024 menjadi perhatian penuh agar pelaksanaan pemungutan suara berjalan kondusif.

Ia menjelaskan meskipun Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 telah usai, pada tahun yang sama pihaknya dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Batu termasuk organisasi keagamaan akan tetap bersinergi untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 berjalan kondusif.

"Kami juga bersinergi bersama forkorpimda dan organisasi keagamaan terus dilakukan sehingga situasi menjelang pilkada berjalan kondusif," ujarnya.

Ia menambahkan laporan lain terkait kinerja Pj Wali Kota Batu yang disampaikan adalah penuntasan program prioritas seperti penanganan inflasi, penurunan stunting, pelayanan publik, penurunan angka pengangguran, kemiskinan ekstrem, kesehatan dan kinerja keuangan daerah.

Terkait dengan penanganan inflasi di Kota Batu, ia menyampaikan secara menyeluruh harga kebutuhan pokok di Kota Batu sudah stabil. Namun inflasi tetap harus dijaga melalui berbagai bantuan sosial baik kepada disabilitas, lansia, veteran dan keluarga prasejahtera.

"Meski libur Lebaran kami berhasil menjaga stabilitas harga dan inflasi daerah. Hal ini tidak mudah karena daerah kami adalah daerah wisata. Memberikan subsidi harga sembako pada operasi pasar murah menjadi salah satu kunci," katanya.

Terkait penanganan stunting, katanya, secara rutin pemerintah turun langsung kepada balita yang terindikasi stunting untuk memberikan bantuan, termasuk melibatkan ahli untuk turut serta dalam penanganan stunting.

Pencegahan stunting dilakukan mulai saat anak dalam kandungan dengan pendampingan dan pemberian makanan sehat, sampai saat tumbuh kembang anak melalui posyandu yang dibantu kader kesehatan setempat.

"Pemerintah melibatkan ahli untuk mengetahui keluarga dan kondisi balita stunting, sehingga kita mengetahui betul kebutuhan dan melakukan intervensi yang tepat sesuai kondisi masing-masing balita stunting," katanya.

Terkait dengan pelayanan publik, nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Kota Batu mencapai 85,51 persen. Angka ini dicapai dengan berbagai terobosan antara lain dengan menerapkan sistem pelayanan terintegrasi, reformasi perizinan peraturan berusaha, perubahan paradigma birokrasi dan juga pengawasan penyelesaian perizinan.

Penurunan pengangguran juga menjadi fokus pembahasan, mengingat Kota Batu merupakan daerah dengan penurunan angka pengangguran yang signifikan, terbaik dibanding 38 kabupaten dan kota di Jawa Timur, dari 8,43 persen pada 2022 menjadi 4,52 persen pada 2023.

Pada program prioritas lainnya, terkait angka kemiskinan, Kota Batu merupakan daerah dengan angka kemiskinan terendah di Jawa Timur sebesar 3,31 persen dengan nol angka kemiskinan ekstrem.

Sementara investasi dan perizinan, Kota Batu mencatatkan investasi pada triwulan I 2024 lebih tinggi 28 persen periode yang sama tahun sebelumnya. Pemerintah Kota Batu memberikan berbagai kemudahan dan inovasi untuk kemudahan perizinan berusaha.

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024