Konsulat Jenderal Republik Rakyat Tiongkok di Surabaya Xu Yong mengatakan saat ini negeri Tirai Bambu itu sedang fokus pada pengembangan ekonomi yang ramah lingkungan.

"Saat ini, Tiongkok sedang fokus pada pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan ekonomi yang ramah lingkungan," kata Xu Yong saat mengundang beberapa media di Jatim, dalam kegiatan halalbihalal, Senin.

Selain itu, kata dia, seluruh investasi infrastruktur juga mengarah kepada hal tersebut, karena Tiongkok percaya bahwa ekonomi ramah lingkungan mempunyai peluang yang besar secara global.

"Kami Ingin menjelaskan, bahwa ekonomi China saat ini telah mendapatkan permulaan yang baik, dan kami tetap berkontribusi kepada ekonomi global, dan mendorong modernisasi ala China, dengan pemulihan global yang mengarah pada pengembangan ekonomi ramah lingkungan," katanya.

Ia menjelaskan, Tiongkok akan selalu memberikan peluang kepada investasi asing, khususnya yang ramah lingkungan.

Sebelumnya, kata Xu Yong, Tiongkok juga telah mengenalkan "Komunitas Senasib Manusia" sesuai arahan presiden China, Xi Jinping, yakni mendorong masyarakat global untuk saling diskusi dengan konsep keadilan untuk manusia.

"Saat ini, dengan beberapa tantangan di dunia, kami tetap menjunjung pluralisme dan toleransi dengan menjaga kesetaraan antarnegara, dengan keadilan demokrasi," tutur Xu Yong.

Terkait investasi di Jatim, Xu Yong menilai selalu ada perkembangan di beberapa daerah di Jatim dengan masuknya investasi dari China, salah satunya di Surabaya dan Gresik.

Ia berharap, ke depan kerja sama dengan media bisa ditingkatkan sekaligus mendorong untuk menyebarkan pemberitaan positif untuk pengembangan ekonomi yang ramah lingkungan.

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Chandra Hamdani Noor


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024