PT PAL Indonesia menjalin hubungan kerja sama dengan Syncrolift AS dan PT Pembangunan Perumahan (Persero) untuk menunjang operasional bisnis, melalui peningkatan fasilitas infrastruktur produksi kapal selam.

Bentuk kerja sama dengan Syncrolift AS dalam pengadaan shiplift, sedangkan dengan PT PP (Persero) ialah serah terima dokumen strategis pembangunan Jetty.

“Dengan penandatanganan kontrak bersama Syncrolift AS dan PT PP (Persero), kami menegaskan kembali komitmen kami untuk memperluas jangkauan kolaborasi internasional sambil tetap memperkuat infrastruktur lokal kami," kata CMO PT PAL Indonesia Willgo Zainar dalam keterangannya di Surabaya, Jumat.

Fasilitas shiplift dan dermaga yang akan dibangun, kata dia, merupakan bagian dari infrastruktur utama untuk mendukung proses operasional bisnis PT PAL Indonesia khususnya pembangunan dan pemeliharaan kapal selam.

Willgo menjelaskan teknologi yang digunakan pada shiplift tersebut tergolong modern dengan spesifikasi umum seperti kemampuan normal lifting capacity 6000 ton hingga maximum lifting capacity 9240 ton.

Selain itu, juga memiliki transfer system total capacity 3690 ton, dengan dimensi panjang platform 100 meter yang dilengkapi dengan penggerak electrical motor serta tersertifikasi oleh Lloyds Register.

“Kerja sama strategis ini akan menjadi catatan sejarah bagi industri pertahanan dalam upaya pemenuhan fasilitas industri guna meningkatkan kapabilitas bidang pembangunan dan pemeliharaan kapal selam," ujarnya.

Tak hanya itu, kata Wiilgo, selaras dengan fokus pemerintah terhadap kemandirian maka penerapan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) pada produk tersebut salah satunya dapat dilihat dari platform shiplift yang secara mandiri dan sepenuhnya dibangun oleh PT PAL Indonesia.

"Dampak yang diharapkan dari pembangunan fasilitas shiplift dan dermaga ini adalah peningkatan kesiapan PT PAL Indonesia sebagai galangan kapal yang mendukung whole local production produk kapal selam serta peningkatan kapasitas dan kemampuan produksi PT PAL," ujar Wiilgo.

Sementara itu, Sales Manager Syncrolift AS Hans Van Herwerden mengatakan dalam kerja sama tersebut menandai tonggak sejarah untuk pihaknya.

“Kontrak pengangkutan kapal ini menandai tonggak sejarah khusus untuk Syncrolift, dan kami merasa sangat terhormat telah dipilih untuk proyek ini setelah melalui proses evaluasi tender yang adil dan ekstensif," ucapnya.

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024