Sebanyak tiga unit armada kapal feri disiapkan untuk mengangkut pemudik dari Pelabuhan Jangkar, Situbondo ke Pulau Raas, Kabupaten Sumenep, Madura pada H-2 Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Manajer PT Dharma Dwipa Utama (DDU) Maman Surahman di Situbondo, Senin, mengatakan pada H-2 Lebaran ada dua unit kapal motor penyeberangan dari PT DDU melayani rute Jangkar-Raas, yakni KMP Dharma Kartika dan KMP Wicitra Dharma I.



"Untuk KMP Dharma Kartika rute Jangkar-Raas reguler atau berbayar, pagi tadi sudah berangkat mengangkut pemudik tujuan Pulau Raas," ujarnya.

Sedangkan KMP Wicitra Dharma I yang merupakan kapal feri program mudik gratis Pemerintah Provinsi Jawa Timur, lanjut Maman, juga rute Jangkar-Raas akan diberangkatkan hari ini sekitar pukul 22:00 WIB (nanti malam).

Kapal laut mudik gratis yang diberangkatkan hari ini, menurut ia, adalah mudik gratis tahap empat atau terakhir dari Pelabuhan Jangkar menuju Pulau Raas.

"Kapal mudik gratis hari ini adalah yang terakhir, dan sampai siang hari ini calon penumpang (pemudik) di pelabuhan hanya tersisa pemudik menggunakan kapal mudik gratis," kata Maman Surahman.

Namun demikian, katanya, apabila pada hari ini masih ada pemudik datang tujuan Pulau Raas berdatangan ke Pelabuhan Jangkar, juga masih ada satu unit kapal feri perbantuan yang siap melayani pemudik tujuan Raas.



"Ada satu kapal lagi rute Jangkar-Raas, yakni KMP Citra Mandala Sakti. Kapal ini keberangkatannya ke Pulau Raas tentative menyesuaikan kondisi di lapangan, dan jadwalnya setelah kapal mudik gratis berangkat," tutur Maman.

Jadwal keberangkatan kapal feri rute Jangkar-Raas pada momentum arus mudik Lebaran menjadi prioritas dibandingkan dengan rute Jangkar-Sapudi, Jangkar-Kalianget (Madura), karena mayoritas penumpang adalah warga Pulau Raas yang selama ini bekerja di Pulau Bali.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024