Pondok Pesantren Wali Barokah LDII Kota Kediri, Jawa Timur, membagikan ratusan paket bahan pokok untuk masyarakat di sekitar pondok pesantren menjelang Hari Raya Idul Fitri 2024.

"Pembagian ini sebagai bentuk kepedulian kami kepada warga di sekitar pondok. Bulan Ramadhan ini bulan penuh rahmat, penuh berkah, sehingga kami agendakan berbagi ke saudara-saudara kami," kata Ketua DPD LDII Kota Kediri H Agung Riyanto di Kediri, Sabtu petang.

Pihaknya mengatakan paket bahan pokok itu dibagikan kepada sekitar 700 orang warga di Kelurahan Burengan dan Banjaran, Kota Kediri. Mereka telah didata sebelumnya dan pembagian bahan pokok dilakukan di pondok.

Ia mengatakan, kegiatan itu dilakukan agar tali silaturahim lebih kuat lagi. Sebelumnya, kegiatan pembagian dilakukan oleh RT setempat, namun tahun ini dilakukan di pondok.

"Kalau tahun lalu paket bahan pokok kami antar ke rumah pak RT, tahun ini warga sengaja kami datangkan biar kita lebih akrab lagi, mendekatkan silaturahim dan kebersamaan," ujar dia.

Camat Kota Kediri Arief Cholisudin Yuswanto menilai selama ini keberadaan Pondok Pesantren Wali Barokah Kediri membawa manfaat dan kontribusinya sangat besar sekali kepada masyarakat.

"Selain mendidik anak bangsa agar memiliki akhlak yang sangat bagus, juga salah satu contoh berupa santunan paket bahan pokok bisa dilaksanakan. Kegiatan seperti ini menunjukkan bahwa pondok pesantren dan warga bisa beriringan dalam kehidupan bermasyarakat," kata dia.

Dia menambahkan keberadaan Ponpes Wali Barokah Kediri juga turut mendorong meningkatnya perputaran ekonomi di sekitar pondok. Satu pekan sekali santri diizinkan keluar, sehingga mereka bebas membeli berbagai macam kebutuhan.

"Perputaran ekonomi di sekitar pondok bisa berjalan. Santri ketika ada liburan diperkenankan untuk keluar, jadi mereka bisa belanja sehingga menjadikan roda perekonomian di sekitar bisa berjalan," kata dia.

Dalam acara tersebut juga dibagikan hadiah untuk warga yang beruntung. Masyarakat juga terbantu dan berterima kasih dengan kegiatan ini.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024