Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono memberangkatkan sebanyak 1.095 pemudik menggunakan 27 armada bus secara gratis dari Jakarta tujuan berbagai kabupaten/ kota wilayah Jatim. 

"Mudik gratis menjadi program tahunan yang digelar sebagai bentuk kepedulian untuk memfasilitasi masyarakat Jatim yang bekerja di Jakarta," katanya melalui keterangan tertulis usai memberangkatkan pemudik di Jakarta, Jumat.
  
Adhy menjelaskan mudik gratis memiliki beberapa manfaat. Di antaranya menekan angka kecelakaan, menghemat biaya, menumbuhkan guyub rukun antar sesama pemudik, serta memberikan kesan menikmati suasana selama perjalanan ke kampung halaman. 

Adhy menyebut libur lebaran tahun ini cukup panjang sehingga diperkirakan terjadi lonjakan pemudik dibandingkan tahun lalu. 

"Jumlah pemudik tahun ini diprediksi naik 16,2 persen dari tahun lalu," ujarnya.
 
Jumlah pemudik ditaksir mencapai 31,2 juta dari total 40,5 juta penduduk Jatim. 

Adhy mengingatkan kepada para sopir, kru, maupun penumpang agar saling mengingatkan. Terlebih ada beberapa rute dari Jateng menuju Jatim, yakni Ngawi dan Mojokerto, yang dinilai rawan terjadi kecelakaan. 

"Kalau sopir capek istirahat, jangan dipaksakan. Kami bersama TNI/POLRI menyiapkan pos-pos pelayanan dan pengamanan di rest area untuk beristirahat," tuturnya. 

Pemerintah Provinsi Jatim juga telah menyiapkan angkutan balik yang dijadwalkan tanggal 14 April 2024 dengan rute  Madiun - Jakarta, Tulungagung - Jakarta, Lamongan - Jakarta, Jember - Jakarta dan Pamekasan - Jakarta dengan total 20 armada bus.  

Seluruh peserta mudik gratis menerima kartu multi trip, kolaborasi antara Kereta Commuter Indonesia (KCI) dan Dinas Perhubungan (Dishub) Jatim.

Pj Gubernur Adhy menjelaskan kartu multi trip kolaborasi antara Kereta Commuter Indonesia dengan Dinas Perhubungan Jatim yang bisa dimanfaatkan pemudik untuk berpindah moda bus Transjatim dengan trayek Surabaya - Sidoarjo - Gresik -Mojokerto. 

"Sebaliknya, ketika masyarakat kembali ke Jakarta, kartu multi trip bisa digunakan pada kereta commuter," ucapnya.

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024