Penjabat Bupati Lumajang Indah Wahyuni meminta aparatur sipil negara (ASN) terlibat aktif untuk menjaga stabilitas politik menjelang pemilihan kepala daerah (pilkada).

"Saya ingatkan pentingnya menjaga netralitas dan kondusifitas wilayah selama proses demokrasi, terutama menjelang pilkada," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima di Lumajang, Kamis.

Ia mengatakan pihaknya telah mengambil langkah antisipatif dalam menghadapi tahun politik 2024 dengan menggelar rapat koordinasi bersama Forkopimda dan jajaran kepala perangkat daerah di Pendapa Arya Wiraraja Lumajang.

Menurutnya Pemilu merupakan proses demokrasi penting yang tidak boleh memicu polarisasi atau perpecahan sosial, sehingga seluruh jajaran perangkat daerah diminta untuk dapat mendeteksi dini potensi gangguan dan mengambil langkah preventif.

Baca juga: Pj Bupati Lumajang minta produksi beras medium ditingkatkan

"Saya berpesan kepada seluruh ASN untuk menjaga netralitas selama Pilkada 2024, serta mengingatkan pentingnya peran aktif camat dan lurah dalam mengantisipasi permasalahan di masyarakat," tuturnya.

Sementara itu, Dandim 0821 Lumajang Letkol Czi Gunawan Indra mengatakan bahwa TNI-Polri dan pemerintah daerah memiliki tanggung jawab besar dalam memastikan keamanan dan kelancaran proses demokrasi, terutama menjelang Pilkada.

"Saya mengajak untuk menjaga netralitas sebagai pondasi utama dalam menjalankan tugas, sehingga diharapkan proses demokrasi dapat berjalan dengan damai dan kondusif," katanya.

Ia mengatakan langkah-langkah kolaborasi itu diharapkan dapat menjaga stabilitas wilayah Lumajang selama masa politik dan memastikan jalannya Pilkada dalam suasana yang kondusif dan aman.

Sebelumnya KPU Kabupaten Lumajang telah merilis tahapan dan jadwal penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2024 melalui unggahan resmi di platform media sosialnya.

Dalam tahapan tersebut tercatat bahwa pengumuman pendaftaran pasangan calon kepala daerah dimulai pada 24-26 Agustus 2024, kemudian pendaftaran pasangan calon bupati dan wakil bupati Lumajang dilaksanakan pada 27- 29 Agustus 2024.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024