Perkumpulan Penyelenggara Jasaboga Indonesia (PPJI) mengedukasi para santri hingga juru masak untuk membuat menu dengan gizi seimbang di Pondok Pesantren Alif Laam Miim Surabaya dalam kegiatan "Berbagi Berkah Ramadhan".

"Setiap berkegiatan terlebih sebagai santri banyak hal yang dikerjakan hingga larut malam, jadi makanannya harus seimbang antara protein, vitamin dan karbohidrat," ucap juru masak "Katering Ibu" Dwi Agus di Surabaya, Jumat.

Hari ini, dirinya mengajarkan menu gizi seimbang dengan olahan ayam beserta sayur sebagai pendamping dan bihun jamur.

"Proteinnya saya menggunakan ayam saus Inggris terus untuk pendampingnya ada mie soun jamur dan sayur oseng-oseng buncis wortel," katanya.

Agus menjelaskan, apapun masakannya yang terpenting adalah komposisi menu yang mempunyai gizi seimbang dan harus ada proteinnya.

"Protein tidak harus melulu ayam, bisa diganti daging, telur atau yang lainnya, begitu juga karbohidratnya," tutur dia.

Sementara itu, Ketua Panitia kegiatan dari Dewan Perwakilan Daerah (DPD) PPJI Jawa Timur Pawitra C R mengatakan selain mengedukasi terkait makanan sehat juga memberi santunan bagi santri Ponpes Alif Laam Miim.

"Kegiatan ini kami lakukan karena memang bersamaan dengan bulan Ramadhan, jadi kami memberi santunan juga untuk santri-santriwati di Ponpes Alif Laam Miim Surabaya sekaligus berbuka puasa bersama," ujarnya. 

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024