Penjabat (Pj) Wali Kota Mojokerto M. Ali Kuncoro mengajak seluruh aparatur sipil negara (ASN) dan juga elemen masyarakat untuk menyalurkan zakat, infak, dan sedekah melalui Badan Amil Zakat Nasional atau Baznas Kota Mojokerto.

"Saya mengajak dan mendorong seluruh ASN dan masyarakat, mari kita mengeluarkan zakat, infak, dan sedekah melalui Baznas sebagai lembaga resmi yang telah dibentuk oleh pemerintah," tuturnya, Rabu.

Menurutnya peran Baznas Kota Mojokerto, Jawa Timur selama ini sangat signifikan, khususnya dalam membantu pemerintah daerah mengentaskan kemiskinan, membantu kaum dhuafa atau kaum-kaum marginal yang memang membutuhkan.

"Angka kemiskinan ekstrem di Kota Mojokerto saat ini 0 persen, salah satunya juga peran Baznas yang berhasil mengelola zakat infak dan sedekah dengan baik sehingga dapat disalurkan kepada yang berhak menerima," terang Mas Pj sapaan akrab Ali Kuncoro.

Baca juga: Pj Wali Kota Mojokerto: Jadikan Ramadhan momentum tingkatkan keimanan
 
Ketua Baznas Kota Mojokerto Dwi Hariadi menjelaskan pada tahun 2023 pihaknya telah berhasil menghimpun Rp1.918.454.683 zakat infak dan sedekah dan tahun ini target mereka meningkat Rp3,5 miliar.
 
"Tahun 2023 target kami 3 miliar, dan tahun ini target kami 3,5 miliar," katanya Dwi.
 
Zakat yang dihimpun Baznas tidak sebatas disalurkan kepada para mustahak atau orang yang berhak menerima, tapi juga diperuntukkan berbagai macam program mulai bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan, dakwah, serta sosial kemasyarakatan.
 
"Saya juga berterima kasih kepada para agnia, para muzakki yang telah memberikan donasinya kepada Baznas, Insya Allah berkah dunia akhirat," ujarnya.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024