Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Surabaya berhasil memadamkan api yang menyala di ruang server Rumah Sakit Mata Undaan di Jalan Undaan Kulon Surabaya.

Kepala DPKP Surabaya Laksita Rini Sevriani dalam keterangannya di Surabaya, Kamis, mengatakan penyebab kebakaran karena adanya korsleting listrik di ruangan server yang terjadi sekitar pukul 03.37 WIB.

"Yang terbakar ruangan server yang berada di lantai 2,” katanya.

Rini menjelaskan, awalnya kebakaran diketahui oleh petugas keamanan rumah sakit yang mendengar ledakan dan mencium asap di ruangan server tersebut.

“Sekuriti mendengar ledakan, lalu mencium asap, akhirnya dilakukan pengecekan ternyata sudah ada api,” ucapnya.

Setelah mendapat laporan, petugas damkar langsung tiba di lokasi dan melakukan pemadaman hingga evakuasi penyelamatan puluhan pasien, terutama di lantai dua dan tiga.

“Pasien yang dievakuasi di lantai 2 ada 15 pasien dan lantai 3 ada 16 pasien dengan kondisi selamat,” tuturnya.

Beruntung dalam kejadian tersebut, lanjutnya, tidak ada korban jiwa maupun luka-luka, petugas juga berupaya melakukan pemadaman titik api yang ada di ruang server tersebut.

“Di ruangan server terdapat penyimpanan elektronik,” kata Rini.

Petugas beehasil memadamkan dan melakukan pembasahan hingga dinyatakan kondusif pada sekitar pukul 05.41 WIB.

"Total sebanyak enam unit yang diberangkatkan, dua Unit Tempur Rayon satu Pasar Turi, dua Unit Tempur Rayon dua Tambak Rejo, satu Unit Tempur Pos Menur, satu Unit SCBA Tim Rescue," ujarnya.

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024