Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya Nur Syamsi menyatakan baru satu kecamatan yang dipastikan siap mengikuti rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2024 tingkat kota di kantor lembaga terkait, Rabu.

"Rekapitulasi tingkat kota itu dilaksanakan KPU kabupaten/kota, sebagaimana diketahui sedang berlangsung rekapitulasi Kecamatan Karangpilang," kata Syamsi di Kantor KPU Kota Surabaya.

Dia berharap pelaksanaan rekapitulasi yang dilaksanakan hari ini tidak hanya diikuti satu wilayah kecamatan.

"Yang disebut dikerjakan itu ketika selesai di kecamatan, salah satunya ditandai penandatanganan hasil, walaupun mungkin ada satu atau dua saksi bisa tidak menandatangani tetapi minimal ditandatangani oleh para saksi dan anggota PPK," ujar Nur Syamsi.

"Kalau mereka selesai penandatanganan itu kemudian bisa dikirim ke kami, kemudian kami laksanakan sesuai dengan kehadiran mereka," lanjutnya.

Syamsi menyebut proses rekapitulasi di beberapa kecamatan juga hampir rampung dan sedang proses pencermatan.

PPK Tambaksari juga sudah menyatakan kesiapannya mengirimkan dokumen D hasil dan C1 semua tempat pemungutan suara (TPS).

"Untuk Kecamatan Benowo, Pakal, Genteng, Asemrowo, Pabean Cantikan hampir selesai tetapi masih proses pencermatan di tingkat kecamatan," katanya.

Syamsi meminta kepada para PPK apabila tahapan sudah rampung di tingkat kecamatan bisa segera mengirimkan dokumen ke KPU Kota Surabaya.

"Mudah-mudahan besok selesai dan hasil dari proses rekapitulasi tingkat kecamatan bisa ditandatangani," ujarnya.

Dia menambahkan seluruh proses rekapitulasi yang sudah dilakukan di tingkat langsung dilaporkan ke KPU Provinsi Jawa Timur.

"Sehingga apabila ada dinamika tertentu mitigasi sudah ada dan bisa secepatnya dapat solusi," ucapnya.

Komisioner KPU Kota Surabaya Divisi Teknis Penyelenggaraan Suprayitno menegaskan sudah melaksanakan koordinasi dengan masing-masing Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), pada Senin (26/2) untuk mengetahui perkembangan proses rekapitulasi yang berjalan.

Pemilu Legislatif telah digelar 14 Februari 2024 yang pesertanya 18 partai politik dan Pemilihan Presiden diikuti tiga pasangan calon, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka serta Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024