Pemerintah Kota Malang memperkenalkan berbagai potensi produk buatan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) kepada sejumlah organisasi wanita yang ada di wilayah kerja Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) III Malang.

Penjabat (Pj) Wali Kota Malang Wahyu Hidayat di Kota Malang, Jawa Timur, Kamis, mengatakan bahwa acara silaturahim bersama sejumlah organisasi wanita di wilayah kerja Bakorwil III Malang, merupakan kesempatan untuk memperkenalkan produk UMKM Kota Malang.

"Ini kesempatan Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) untuk memperkenalkan produk UMKM Kota Malang. Ternyata banyak yang tertarik, dan menjadi kebanggaan, kita bisa dikenal dan diapresiasi oleh Ketua TP PKK daerah lain," kata Wahyu.

Kegiatan silaturahim tersebut, dihadiri oleh sejumlah organisasi wanita seperti Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga, Dharma Wanita Persatuan (DWP), Gabungan Organisasi Wanita (GOW), dan Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (Perwosi)

Wahyu menjelaskan keberadaan perempuan memiliki peran penting dalam rangka peningkatan kualitas kesejahteraan diri, keluarga, maupun masyarakat. Kuatnya ikatan antara kaum perempuan, menjadi salah satu kekuatan utama yang harus dikembangkan.

"Kuatnya ikatan perempuan dalam pengurusan kelembagaan menjadi salah satu aset strategis yang harus dikembangkan dan ditingkatkan, sehingga dapat mengangkat peran perempuan dalam kehidupan bermasyarakat secara nyata," tambahnya.

Ia menambahkan dalam skala rumah tangga, seorang perempuan memiliki peran dalam menjaga ketahanan ekonomi keluarga. Salah satu contohnya adalah geliat UMKM termasuk di Kota Malang dimotori oleh para ibu.

"Kami mendorong perempuan menjadi insan kreatif dengan memberikan pembinaan supaya mandiri secara finansial. Ini didukung program Pemkot Malang seperti Kemis Mbois yang mewajibkan seluruh pegawai untuk mengenakan produk UMKM lokal pada hari Kamis," katanya.

Sementara itu, Koordinator TP PKK Bakorwil III Malang Asihing Kustanti Asep K. menyampaikan bahwa seluruh TP PKK Kota Malang memiliki potensi luar biasa untuk berkembang, yang mencakup potensi alam hingga sektor industri.

"Semoga pertemuan rutin ini menjadi ajang penguatan, karena wilayah kerja Bakorwil Malang ini sangat memiliki potensi. Terutama dalam rangka Jambore Nasional yang dalam waktu dekat ini," ujar Asihing.

Dalam kesempatan itu, ada kurang lebih sebanyak 20 UMKM Kota Malang yang mendapatkan kesempatan untuk memperkenalkan produk buatannya. Diantaranya adalah produk fesyen hingga sektor kuliner yang merupakan produk-produk unggulan UMKM Kota Malang.

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024