Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri, Jawa Timur, memprediksi lima hari selesai dalam proses rekapitulasi di tingkat kecamatan di wilayah kota ini.

"Sesuai dengan rencana proses rekapitulasi itu 5-6 hari. Saat ini di masing-masing lima kelurahan selesai, jadi kami tetap optimistis rekapitulasi sesuai dengan jadwal," kata Anggota KPU Kota Kediri Moch Wahyudi di Kediri, Senin.

Ia mengatakan, sesuai dengan tahapan proses rekapitulasi tersebut mulai 15 Februari hingga 2 Maret 2024. Untuk itu, masih ada jeda waktu yang cukup panjang hingga proses rekapitulasi tersebut selesai.

Dirinya menambahkan, dalam proses rekapitulasi tersebut juga berlangsung dengan lancar. Hanya di awal saja dari panitia pemungutan suara (PPS) membutuhkan waktu cukup lama antara 45 menit hingga 1 jam. PPS masih mencari pola cepat untuk pembacaan formulir Model C hasil Pemilu 2024.

Sementara itu, itu terkait dengan klaim perolehan kursi dari legislatif oleh partai, Wahyudi mengatakan tentunya dari partai mendapatkan formulir Model C salinan, sehingga mereka bisa melakukan rekap data secara internal.

Baca juga: KPU Kota Kediri mulai rekapitulasi suara tingkat kecamatan

"Kalau partai mereka juga dapat salinan formulir model C hasil kemudian dikumpulkan partai, mereka melakukan tabulasi secara internal. Kalau KPU dalam proses, jadi sedang melakukan rekapitulasi," ujar dia.

Ia menambahkan, proses rekapitulasi tersebut untuk pengumuman hasilnya dimungkinkan setelah tanggal 5 Maret 2024. Hal itu memastikan proses rekap berjalan dengan lancar dan sesuai.

Sebelumnya, DPD PAN Kota Kediri mengklaim mendapatkan lima kursi legislatif dalam Pemilu 2024 sehingga berhak untuk menduduki Ketua DPRD Kota Kediri.

Ketua DPD PAN Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengatakan dari internal partai telah melakukan rekapitulasi hasil pemilu di setiap tempat pemungutan suara (TPS). Hasilnya, PAN Kota Kediri mendapatkan 25.923 suara. Jumlah ini selisih sedikit dengan hasil suara dari DPD Partai Golkar Kota Kediri yang dapat 24.798 suara.

"Alhamdulillah hasil pemilu legislatif di Kota Kediri, kerja keras teman-teman membuahkan hasil, baik yang DPR maupun yang pendatang baru," kata Ketua DPD PAN Kota Kediri Abdullah Abu Bakar.

Mantan Wali Kota Kediri itu menambahkan capaian tersebut adalah kolaborasi yang sangat luar biasa. Calon legislatif sebelumnya turun langsung ke masyarakat dan membuahkan hasil positif sehingga PAN Kota Kediri bisa merebut Ketua DPRD Kota Kediri.

"Kuncinya evaluasi, perkuat simpul dulu yang kami bangun, turun bertemu dengan masyarakat, bersalaman dengan masyarakat ada juga yang keliling, karena ini yang ditunggu masyarakat, jadi tidak hanya keluar gambarnya saja tapi bisa dialog langsung dengan masyarakat yang ditemui," kata dia.

Pemilu 2024 telah berlangsung pada Rabu, 14 Februari 2024. Jumlah daftar pemilih tetap (DPT) untuk Pemilu 2024 di Kota Kediri sebanyak 233.962 pemilih yang tersebar di tiga kecamatan wilayah kota. Aspirasi politik mereka disalurkan melalui 856 TPS reguler dan khusus.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024