Pasangan calon presiden dan wakil presiden Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) unggul perolehan suara atas dua kandidat lainnya, di tempat pemungutan suara (TPS) 35 tempat mencoblos Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Rabu.

Pasangan nomor urut satu memperoleh 121 suara, kemudian disusul pasangan nomor urut dua Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dengan 62 suara, dan pasangan nomor urut tiga Ganjar Pranowo-Mahfud Md dengan 24 suara, di TPS 35 yang berlokasi di Gedung Balai Diklat Baitul Haq, Kecamatan Jambangan.

"Daftar pemilih tetap di TPS 35 ada 230 DPT ketambahan lima pemilih," kata Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 35 Hetti.

Dia menjelaskan dari 235 warga yang terdaftar sebagai DPT terdapat 207 pemilih yang menyuarakan hak pilihnya.

"Kalau kertas suara yang tidak sah tidak ada," kata dia.

Sebagaimana yang diketahui, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyuarakan hak pilihnya di TPS 35, pagi tadi. Ia datang ke TPS bersama istri Rini Indriyani dan anak sulungnya Alfanana Puteri.

Saat datang ke lokasi, Eri dan keluarganya kompak mengenakan setelan kemeja berwarna hitam.

Pada kesempatan itu, Eri juga mengapresiasi seluruh warga kota setempat yang telah memegang teguh komitmen menjaga keamanan dan turut menyukseskan tahapan pemungutan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Terima kasih untuk warga yang sudah menjaga Kota Surabaya ini dalam kondisi yang aman, tenang, dan nyaman," kata Eri melalui keterangan resmi yang diterima di Surabaya.

Dia menyebut kondisi yang ada saat ini harus tetap dipertahankan, sehingga tidak mengganggu aktivitas masyarakat.

Jumlah DPT di Kota Surabaya untuk Pemilu 2024 sebesar 2.218.586 jiwa, sedangkan total TPS di wilayah setempat sebanyak 8.167 titik.

KPU RI juga telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Baca juga: Pemilu 2024, Wali Kota Madiun ajak warga hargai perbedaan pilihan
Baca juga: TPS di Kota Malang hadirkan tema kasih sayang untuk meriahkan pencoblosan
Baca juga: TPS di Lingkungan Pondok Sosial usung tema "Pemilu Cinta Damai"

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Rachmat Hidayat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024