Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana meminta agar siapapun nantinya yang terpilih dalam Pemilu 2024 agar amanah sehingga aspirasi warga tersampaikan.

"Saya berdoa semoga siapapun nanti yang terpilih baik dari pemilihan presiden, pemilihan DPD, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten itu semua memang yang sudah betul-betul bisa memberikan dan menerima amanah dari rakyat," kata Bupati Kediri setelah memberikan hak suaranya di TPS 026 Desa Sukorejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Rabu.

Bupati Kediri berharap pesta demokrasi ini berjalan lancar. Begitu pula partisipasi warga Kabupaten Kediri untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilu serentak 2024 ini tinggi.

"Sebagai kepala daerah, saya punya tanggung jawab untuk memastikan bahwa penyelenggaraan pesta demokrasi ini berjalan lancar, maka tadi saya bersama istri sudah menggunakan hak pilih," ujar dia.

Bupati juga mengatakan dirinya bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Kediri akan berkeliling ke TPS-TPS di kabupaten ini untuk memastikan pelaksanaan Pemilu 2024 berjalan lancar dan aman.

"Saya akan berkeliling dengan forkopimda untuk memastikan perhitungan suara tidak ada yang salah dan daerah-daerah rawan konflik kita antisipasi," kata dia.

Bupati menggunakan hak pilihnya di TPS 026 Desa Sukorejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri bersama istri. Lokasi TPS ini di halaman Kampus Stikes Ganesha Husada Kediri, Jalan Soekarno-Hatta, Gang Budaya Cipta II, Kabupaten Kediri. Jumlah daftar pemilih tetap (DPT) yang terdata di TPS ini sebanyak 292 pemilih.

Di Kabupaten Kediri, sebanyak 1.262.944 pemilih terdaftar sebagai daftar pemilih tetap (DPT). Aspirasi mereka disalurkan di 4821 TPS yang ada di Kabupaten Kediri.

KPU RI mengumumkan peserta Pemilu 2024 sebanyak 18 partai politik nasional, yakni (sesuai dengan nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Nasdem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Berikutnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Selain itu, pemilu anggota legislatif (pileg) juga diikuti enam partai politik lokal, yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Pemungutan suara pileg, termasuk Pemilu Anggota DPD RI, secara serentak dengan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024 pada tanggal 14 Februari 2024.

KPU RI juga telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024