Rektor Universitas Dinamika Universitas Dinamika (STIKOM Surabaya), Prof Dr Budi Jatmiko, M Pd menegaskan, siap menggelar festival Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibra) di kampusnya setiap tahun, dengan jumlah peserta lebih banyak, khususnya di Jawa Timur.

"Secara umum Paskibra bertujuan untuk membentuk rasa disiplin dan memupuk rasa cinta Tanah Air karena Paskibra implementasinya adalah mengibarkan bendera pada acara-acara nasional," kata Budi dalam sambutan pembukaan Paskibra Festival 2024 di Arena Prestasi Lantai 9 Universitas Dinamika Surabaya, Minggu.

Ia mengatakan, festival saat ini diikuti 47 tim, terdiri dari Paskibra tingkat SMP/MTs dan SMA/SMK/MA yang memperebutkan Piala Bergilir Gubernur Jawa Timur, Piala Bergilir Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal), Piala Bergilir Komandan Satuan Brimob Polda Jatim, dan kategori lainnya dengan total kurang lebih 60 piala. Selain itu, juga terdapat hadiah berupa Beasiswa Pendidikan Universitas Dinamika.

Sementara itu, Perwakilan Dinas Pendidikan, Dra. Emie Ismiatie, M.Pd berterima kasih kepada Universitas Dinamika karena telah mewadahi prestasi dalam bidang Paskibra.

Acara yang disiapkan sejak Desember 2023 itu juga melewati beberapa tantangan dalam persiapannya.
Aksi peserta pada Festival Paskibra 2024 yang digelar Undika (Stikom Surabaya). (ANTARA/Adinda Aulia Pratiwi/Mlk)

Ketua Pelaksana Festival Paskibra 2024, Herdiansyah Dwi Saputra mengatakan salah satu kendala adalah perpindahan dari konvensional menjadi digital, sehingga membuat alur persiapan lomba menjadi tantangan tersendiri bagi panitia dan peserta.

Paskibra Festival 2024 Undika ditutup dengan live music oleh DJ Tepan, parade para peserta, dan pengumuman juara.(*)

 

Pewarta: Azra Syahirah

Editor : A Malik Ibrahim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024