Anggota DPR RI Nabil Haroen menyebut wayang tak sekadar kesenian, namun juga berfungsi sebagai media untuk menyebarkan beragam nilai kehidupan kepada masyarakat luas.

"Wayang juga menumbuhkan karakter yang kuat, serta pribadi yang berkebudayaan," kata Gus Nabil, sapaan akrabnya, melalui keterangan pers diterima di Surabaya, Selasa.

Karena itu, kata dia wayang yang sudah lekat dengan masyarakat Tanah Air harus dilestarikan, sehingga para generasi muda tak kehilangan sarana pembelajaran moral berbasis budaya.

"Jadi harus dilestarikan, selain itu wayang juga menumbuhkan karakter yang kuat," ujar caleg DPR RI dari PDI Perjuangan daerah pemilihan Gresik-Lamongan tersebut.

Sementara itu, pria yang menjabat sebagai Ketua Umum PP Pagar Nusa menyempatkan waktu menghadiri pagelaran wayang kulit di Situs Sitinggil Majarejo, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, Sabtu (27/1).

Pertunjukan wayang kulit yang dibawakan oleh Ki Ardhi Poerboantono itu mengangkat sejarah Mahapatih Gajah Mada.

Lakon wayang tersebut adalah Kidung Madali yang digelar di Situs Sitinggil Majarejo, Kecamatan Modo, Lamongan, Jawa Timur. Lakon Kidung Madali dibawakan dalang Ki Ardhi Poerboantono dari Malang.

Ki Ardhi merupakan sosok dalang sedang ngetren, ia juga sebagai Pengurus Harian Pimpinan Pusat Pagar Nusa. Sedangkan, penyelenggaranya Paguyuban Budaya Wilwatikta.

Agenda tersebut dihadiri ribuan warga Lamongan dan sekitarnya, termasuk Bupati Lamongan Yuhronur Effendi, serta beberapa tokoh masyarakat setempat.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024