Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Minggu, menggelar simulasi pemungutan dan sekaligus penghitungan suara berbasis pemilih riil Pemilu Serentak 2024.

Ketua KPU Kabupaten Situbondo Marwoto mengatakan simulasi pemungutan dan penghitungan suara pemilihan presiden dan anggota legislatif DPR RI, DPD, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota ini tujuan utamanya agar petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) memahami tugasnya.

"Simulasi yang dilaksanakan hari ini adalah penguatan bimbingan teknis yang dilaksanakan kpps, dan hari ini pula secara riil mereka memahami tugasnya di tps sehingga pada 14 Februari mendatang mereka sudah siap bekerja," katanya dalam sambutannya pembukaan simulasi pemungutan dan penghitungan suara berbasis pemilih riil di kawasan wisata Pantai Blitok, Kecamatan Bungatan, Situbondo.

Menurut Marwoto, simulasi pemungutan dan penghitungan suara sesuai daftar pemilih tetap atau dpt di TPS 03 Desa Blitok, Kecamatan Bungatan, itu juga dihadi seluruh penyelenggara pemilu, mulai dari ppk, pps, kpps se-Situbondo, panitia pengawas kecamatan (panwascam) hingga pengawas tingkat desa.

Baca juga: KPU Situbondo fasilitasi jaminan kesehatan bagi 14.105 anggota KPPS

Selain itu, katanya, petugas ketertiban dari anggota perlindungan masyarakat atau linmas dan dari beberapa unsur terkait lainnya turut pula mengikuti simulasi persiapan hari pelaksanaan Pemilu Serentak 2024.

"Petugas kpps merupakan garda terdepan pelaksanaan Pemilu Serentak 14 Februari 2024. Dengan simulasi ini, mereka benar-benar memahami dan menguasai apa yang harus mereka lakukan," ujar Marwoto.

Sesuai DPT TPS 03 Desa Blitok, Kecamatan Bungatan, sebanyak 271 orang yang masuk dalam daftar pemilih tetap Pemilu Serentak 2024, secara bergantian masuk ke tps dengan pemeriksaan petugas linmas.

Dalam simulasi itu, petugas linmas memeriksa setiap calon pemilih sebelum masuk ke tps, karena semua pemilih dilarang membawa gawai ke ruang bilik.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024