Komisi Pemilihan Umum(KPU) Kabupaten Ponorogo menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024.

"Simulasi ini untuk mempertajam wawasan sekaligus meningkatkan kapasitas kawan-kawan penyelenggara Pemilu agar lebih siap menghadapi pemungutan suara pemilihan umum pada Februari mendatang," kata Komisioner KPU Gaguk Ika Prayitna di Trenggalek, Kamis.

Kegiatan ini melibatkan seluruh panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan perwakilan partai politik peserta pemilu itu diselenggarakan KPU di salah satu hotel di Ponorogo.

Kendati hanya simulasi, Gaguk menyatakan bahwa situasi dan tata laksana coblosan hingga penghitungan suara pemilu dilakukan seperti pelaksanaan Pemilu sebenarnya.

Hal itu dimulai ketika TPS dibuka hingga selesai pada perhitungan serta perekapan suara.

Selain itu sejumlah potensi gangguan juga diterapkan sebagai antisipasi pada 14 Februari.

"Ya semua dipraktikkan, mulai awal masyarakat datang dan melakukan pendaftaran, lalu bagaimana jika ada pendaftar tambahan dan sebagainya," katanya

Ia berharap sisa waktu kurang dari sebulan ini bisa dimanfaatkan oleh penyelenggara untuk belajar serta menerapkan aturan pemungutan suara sesuai dengan SOP KPU RI.

"Harapan penyelenggara lima anggota PPK bisa paham pemungutan dan penghitungan suara," katanya.

Setelah ini, KPU serta PPK juga akan menggelar bimbingan teknis (Bimtek) untuk anggota KPPS yang akan dilantik pada 24 Januari mendatang.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Masa kampanye berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Setelah masa kampanye, ada masa tenang pada 11-13 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara Pemilu 2024 berlangsung serentak pada 14 Februari 2024.

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024