Kegiatan safari Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kelurahan yang digelar secara bergantian oleh Pemerintah Kota Madiun menjadi ajang Wali Kota Maidi untuk menyerap aspirasi masyarakat dan semakin memajukan daerah.

Wali Kota Maidi mengatakan Musrenbang Tingkat Kelurahan tahun 2024 tersebut bertujuan untuk menampung usulan warga sebagai bagian dari arah pembangunan tahun anggaran 2025.

"Di kota ini pembangunan terus berjalan. Apa yang kini sudah baik, akan terus ditingkatkan," ujar Wali Kota Maidi saat menghadiri agenda Musrenbangkel di dua tempat sekaligus, yakni Kelurahan Taman dan Manisrejo. 
Wali Kota Madiun Maidi didampingi jajaran membuka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kelurahan di Kelurahan Manisrejo, Senin (15/1/2024). Pemkot Madiun menggelar Musrenbangkel tahun 2024 sebagai ajang untuk menyerap aspirasi warga dan memajukan daerah. ANTARA/HO-Diskominfo Kota Madiun


Pihaknya tak menampik masih ada beberapa usulan masyarakat yang belum masuk dalam APBD 2024. Karenanya, diperlukan kegiatan musrenbang yang saat ini sedang bergulir.

"Adanya musrenbang kelurahan ini, agar semua usulan dapat disampaikan sehingga tidak terlewat lagi," ucapnya.

Maidi menyatakan, ada beberapa usulan masyarakat yang kemungkinan bisa dilaksanakan tahun ini. Yakni, melalui Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) 2024 nanti. Namun, usulan terlebih dahulu dipilah menimbang tingkat kebutuhan mendesaknya. 

"Seperti adanya plengsengan sungai yang mulai menggerus tanah makam. Itu darurat dan diupayakan masuk PAK dan dilaksanakan tahun ini," ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut, Wali Kota tidak hanya menyampaikan proyek pembangunan yang sudah berjalan. Namun, juga kegiatan yang akan dilakukan oleh Pemkot Madiun pada tahun ini. 

Adapun sejumlah pembangunan yang akan dilakukan di antaranya perbaikan saluran air, pavingisasi, dan pemasangan PJU. Seluruh proyek tersebut akan diserahkan kepada warga melalui kelompok masyarakat atau pokmas. Sehingga, diharapkan hasilnya semakin optimal dan memberdayakan masyarakat kelurahan setempat. 
Sejumlah warga menyampaikan usulannya kepada Wali Kota Madiun Maidi dalam kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kelurahan di Kelurahan Taman, Senin (15/1/2024). Pemkot Madiun menggelar Musrenbangkel tahun 2024 sebagai ajang untuk menyerap aspirasi warga dan memajukan daerah. ANTARA/HO-Diskominfo Kota Madiun


Maidi juga menginstruksikan semua lurah memperhatikan dan menginvetarisasi kebutuhan di wilayahnya. Selain itu, dia meminta organisasi perangkat daerah (OPD) setempat segera merealisasikan apa yang telah diusulkan dan direncanakan dalam musrenbang. 

Lebih lanjut, Wali Kota mengatakan bahwa Kota Madiun juga akan meningkatkan sektor pariwisatanya agar semakin banyak kunjungan wisatawan ke Kota Pendekar. 

"Silakan usulan disampaikan. Kalau urgensi-nya tinggi, tidak perlu menunggu tahun depan. Tahun ini juga kita anggarkan," katanya.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Chandra Hamdani Noor


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024