Ketua KPU Kabupaten Probolinggo Lukman Hakim mengatakan surat suara Pemilu 2024 yang sudah disortir dan dilipat oleh para pekerja pelipat surat suara mencapai mencapai 85 persen.

"Kami berharap dalam dua hari ke depan seluruh surat suara sudah rampung dilipat dan mencapai 100 persen," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Kamis.

Jumlah surat suara DPR RI, DPRD Provinsi Jawa Timur, DPD, dan surat suara pasangan calon presiden/wakil presiden dengan masing-masing jumlah surat suara sebanyak 898.933 lembar.

"Kami juga telah bersiap manakala ditemukan atau terjadi surat suara yang rusak saat proses pelipatan, sehingga kami akan segera mengadakan pleno dan membuat berita acara untuk kemudian dikirim kepada penyedia," tuturnya.

Ia mengatakan bahwa target 20 Januari 2024 sudah terpenuhi semua dan terakhir tenggat waktu dari KPU RI pada 25 Januari 2024 seluruh logistik telah terpenuhi semua.

"Setelah itu baru tahapan selanjutnya kami akan mengundang seluruh PPK dan PPS se-Kabupaten Probolinggo untuk bersama-sama menjadwalkan penyetingan dan pengemasan karena yang tahu kebutuhan logistik dari masing-masing TPS adalah PPS dan PPK," katanya.

Sementara itu, Pj Bupati Probolinggo Ugas Irwanto bersama jajaran Forkopimda meninjau progres pelipatan dan sortir surat suara Pemilu Serentak 2024 di gudang KPU setempat (17/1).

"Peninjauan itu sebagai upaya untuk memastikan seluruh tahapan dan persiapan pelaksanaan Pemilu berjalan sesuai dengan target waktu yang telah direncanakan, terutama logistik surat suara," tuturnya.

Menurutnya dari awal proses masuknya dan sterilisasi logistik surat suara harus betul-betul dikawal dan diawasi dengan ketat dengan harapan bahwa pada tahap persiapan itu agar KPU dapat mendeteksi sejak dini adanya kerusakan surat suara sejak sebelum dilipat maupun setelah dilipat.

"Kami berharap agar surat suara itu selalu diawasi dan betul-betul dihitung lagi. Kami juga akan terus mendukung KPU agar nantinya di TPS betul-betul steril dari kecurangan-kecurangan," katanya.
 

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024