Penjabat Wali Kota Batu Aries Agung Paewai meminta aparatur sipil negara di lingkungan Pemerintah Kota Batu meningkatkan kinerja agar dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Di Kota Batu, Provinsi Jawa Timur, Senin, Aries mengatakan bahwa kinerja Pemerintah Kota Batu yang selama tahun 2023 dinilai sudah cukup baik perlu ditingkatkan lagi pada 2024.

"Capaian dan prestasi Pemerintah Kota Batu pada 2023 sudah cukup baik, namun kita berharap Tahun 2024 program kegiatan kita ada peningkatan yang signifikan dan lebih berdampak kepada masyarakat," kata Aries.

Ia menyampaikan bahwa para aparatur sipil negara (ASN) berperan strategis dalam pelaksanaan program-program prioritas pemerintah daerah maupun upaya untuk mewujudkan visi dan misi pemerintah daerah.

"Peran ASN sangat penting agar program penurunan angka stunting, angka kemiskinan, dan angka pengangguran, serta peningkatan angka pertumbuhan ekonomi dilakukan lebih masif," katanya.

Baca juga: Tim evaluator puas capaian kinerja Pj Wali Kota Batu

Aries menekankan pentingnya para ASN meningkatkan disiplin kerja dan kompetensi guna menghadapi tantangan-tantangan pada era disrupsi, yakni masa di mana inovasi dan perubahan terjadi secara masif.

"Jika ASN tidak beradaptasi dengan era disrupsi, tidak bisa mengikuti perkembangan dan mempertahankan cara lama, maka ASN tidak dapat bersaing dan akan tertinggal," tutur pria asal Makassar itu.

Aries juga menginginkan pada tahun 2024 upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia diprioritaskan.

Dia mengatakan bahwa masalah sarana dan prasarana pendidikan harus dituntaskan pada tahun 2024.

"Termasuk evaluasi berbagai sekolah dengan jumlah siswa yang terbatas, harus segera mendapatkan solusi," ia menambahkan.

Dia berharap Pemerintah Kota Batu pada 2024 dapat menjalin kolaborasi dan sinergi yang lebih baik dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, khususnya kerja sama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, dalam peningkatan pendidikan sekolah menengah kejuruan (SMK).

"Kerja sama ini baik peningkatan SDM dan juga sarana dan prasarana praktik siswa," katanya.

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024