Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jember, Jawa Timur telah menerima seluruh logistik surat suara untuk kebutuhan pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) 2024.

"Alhamdulillah seluruh logistik surat suara sudah kami terima dan ditempatkan di gudang KPU Jember yang berada di Jalan Imam Bonjol dengan pengawasan yang ketat dari aparat kepolisian," kata Ketua KPU Jember Muhammad Syai'in di Jember, Kamis.

Menurutnya surat suara DPRD Kabupaten Jember merupakan logistik surat suara yang datang pertama kali pada 19 Desember 2023 dengan jumlah sebanyak 2.021.853 suara, kemudian disusul oleh kedatangan surat suara DPD Jawa Timur pada 20 Desember 2023 dengan jumlah surat suara yang sama dengan DPRD Jember.

"Selanjutnya surat suara DPRD Jawa Timur tiba di gudang KPU Jember pada 23 Desember 2023, kemudian DPR RI pada 29 Desember 2023 bersamaan dengan kedatangan surat suara calon presiden dan wakil presiden," tuturnya.

Pada saat penerimaan surat suara tersebut juga sudah dilakukan pengawalan oleh pihak kepolisian dan pengawasan dari Bawaslu Jember untuk memastikan pengiriman logistik tersebut berjalan aman.

Selain surat suara, lanjutnya, logistik Pemilu 2023 yang sudah datang di antaranya tinta, kotak dan bilik suara, segel dan sejumlah formulir, bahkan petugas juga sudah mengecek bilik dan kotak suara.

"Kami menemukan sebanyak 243 kotak suara yang rusak dari total 38.592 kotak suara yang diterima, namun semuanya sudah diganti dengan baru," katanya.

Sementara Komisioner Bawaslu Jember Wiwin Riza Kurnia mengatakan pihaknya melakukan pengawasan terhadap surat suara yang tiba di gudang KPU Jember untuk memastikan bahwa logistik tersebut dalam keadaan aman dan baik.

"Surat suara seluruhnya masih di dalam boks dan belum dibuka, sehingga belum dilakukan pengecekan satu per satu kondisi surat suara yang berada di dalam boks," ujarnya.


 

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024