Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Madiun, Jawa Timur melakukan perakitan kotak suara yang akan digunakan untuk pemungutan suara Pemilu 2024 yang diselenggarakan pada Februari mendatang.

"Perakitan kotak suara mulai dilakukan pada Kamis (4/1) dan ditargetkan selesai pada Rabu (10/1) nanti," ujar Sekretaris KPU Kabupaten Madiun Agung Dwi Murdiyanto di Madiun, Kamis.

Total, terdapat lebih dari 11.200 unit kotak suara berbahan karton yang dirakit. KPU melibatkan sebanyak 20 orang tenaga lepas untuk merampungkan perakitan tersebut. Sesuai rencana, belasan ribu kotak suara itu akan digunakan di sebanyak 2.253 tps.

Nantinya setelah dirakit, lanjutnya kotak suara akan disimpan di gedung Korpri Kabupaten Madiun yang digunakan sebagai gudang penyimpanan logistik pemilu oleh KPU setempat.

Tak hanya merakit kotak suara, para pekerja lepas tersebut juga diagendakan mengecek kotak suara tersebut sebelum dan sesudah dirakit guna mengetahui ada tidaknya kotak suara yang rusak.

Selain mengantisipasi kerusakan kotak suara karena kesalahan penyimpanan, pihaknya juga menjaga keamanan tempat penyimpanan kotak suara.

Ada petugas dari pihak kepolisian serta bawaslu yang turut menjaga gudang kotak suara. Selain itu, juga ada petugas keamanan dari pihak kpu.

Para petugas akan melakukan penjagaan selama proses perakitan berlangsung dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.

Nantinya, masing-masing tps akan mendapatkan lima kotak suara, terdiri atas kotak suara untuk menampung surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD provinsi, dan DPRD kota.

Selain kotak suara, KPU setempat juga telah menerima sejumlah logistik pemilu lain. Seperti, bilik suara, botol tinta, dan segel juga dilakukan penyimpanan di gudang setempat.

Sesuai data, Pemilu 2024 di Kabupaten Madiun akan diikuti oleh sebanyak 577.494 pemilih yang telah ditetapkan dalam dpt setempat.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024