Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menerima anugerah tanda kehormatan Satyalancana Wira Karya bidang pengelolaan pengembangan dan pembangunan kelautan dari Presiden Joko Widodo.

Tanda kehormatan ini diberikan kepada Gubernur Khofifah atas keberhasilan-nya membangun kawasan pesisir dan kelautan yang menerapkan konsep blue economy melalui pemulihan ekosistem laut.

Di antaranya yaitu under water restocking, fish apartment, transplantasi terumbu karang, sedekah oksigen melalui penanaman bakau, dan penggunaan aplikasi "Fish Info Jatim" untuk pemasaran digital hasil perikanan laut.

Atas diterimanya penghargaan ini, Gubernur Khofifah menyampaikan terimakasih dan apresiasi.

"Alhamdulillah, terima kasih atas penghargaan yang telah diberikan kepada kami. Penghargaan ini juga saya persembahkan bagi seluruh nelayan, masyarakat pesisir dan semua pihak yang ikut aktif dan peduli terhadap ekosistem lingkungan laut di Jatim," katanya melalui keterangan tertulis di Surabaya, Jumat.

Menurutnya penghargaan ini sekaligus akan menjadi penyemangat untuk terus berinovasi di bidang kelautan dan perikanan pesisir.

Gubernur Khofifah telah  terjun langsung pada proses-proses implementasi pengembangan blue energy & economy.

Salah satunya di Pantai Mutiara, Kabupaten Trenggalek, dengan turut terlibat dalam proses penyiapan terumbu karang untuk ditanam di dasar laut.

"Sekarang ini masanya kita bergeser dari green ke blue economy. Kita harus betul-betul memperhatikan kesejahteraan di laut. Sebab akan berdampak pada kesejahteraan di darat," ucapnya.

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Chandra Hamdani Noor


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023