Ketua Umum Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) KH Asep Saifuddin Chalim berharap masyarakat harus berpandangan jernih dalam menanggapi viralnya video Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) yang juga Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan atau Zulhas.

"Pejabat publik harus mampu menahan diri dan berhati-hati, masyarakat harus mampu menahan diri agar tidak mudah terprovokasi," kata KH Asep melalui keterangan resmi yang diterima di Surabaya, Kamis.

KH Asep tak menampik sudah mengetahui video tersebut, namun untuk memahami muatan dalam tayangan itu harus dilakukan dengan kehati-hatian.

"Saya mendengar isu ini dan mencoba memahami secara seksama dan hati-hati," ujarnya.

Berdasarkan sepengetahuannya, KH Asep menyatakan Zulhas merupakan sosok yang peduli dengan umat Islam.

Dia juga punya pribadi yang santun dan taat beribadah, kemudian punya keinginan memajukan peradaban umat secara keseluruhan.

"Menurut kami kecil, bahkan rasanya tidak mungkin Zulkifli Hasan punya niat buruk mencela agama maupun shalat yang setiap hari ia jalani," ucapnya. 

Karena itu, KH Asep menyatakan Zulhas tak punya niatan untuk mencela atau pelecehan agama.

"Terkait potongan video yang beredar, itu kan beliau hanya menyampaikan apa yang dikhawatirkannya dan dia dengar, bahkan beberapa dai sudah pernah ada yang melontarkan guyonan yang serupa, tidak mungkin kami mau tuduh ada ulama yang mau melecehkan agama," katanya.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023