Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto meresmikan lima titik bantuan sumber air bersih dari Kementerian Pertahanan dan Universitas Pertahanan di Kabupaten di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Rabu.
 
"Sarana tersebut kita berikan agar dijaga, dihemat, ditampung. Jangan disia-siakan," kata dia, dalam kata sambutannya di Desa Pamupukan, Kuningan, Jawa Barat, Rabu.
 
Ia mengatakan sumbangan itu mereka berikan dalam rangka pemberian hasil riset Unhan untuk kepentingan masyarakat. Sumber air itu nantinya bisa dipakai untuk kebutuhan pangan hingga pertumbuhan tanaman yang dipelihara warga.

Baca juga: TKD Prabowo-Gibran Jatim optimistis raup suara pemilih muda

Ia memperkirakan ada 2.000 warga yang akan merasakan dampak langsung dari sumber air bersih yang diresmikan itu dan dia berjanji akan akan terus memfasilitasi masyarakat agar mudah mendapatkan akses air bersih yang layak.

"Kita terus akan berjuang atasi kesulitan rakyat dimana perlu dijaga prasarana dijaga untuk bisa dimanfaatkan untuk lakukan riset tidak hanya cari air di darat ataupun sungai sungai di bawah tanah," kata dia.

Adapun kelima titik tersebut berada di lima desa yakni Desa Pamupukan, Desa Cipedes, Desa Cirukem, Desa Sumberjaya dan Desa Pakapasan Girang.
Tidak hanya di Kabupaten Kuningan, Unhan juga tercatat telah memberikan bantuan akses sumber air bersih di Nusa Tenggara hingga Maluku.

Pewarta: Walda Marison

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023