Persatuan Perangkat Desa Indonesia Jawa Timur (PPDI Jatim) menginginkan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Wakil Gubernur Emil Elestianto Dardak melanjutkan kepemimpinan untuk periode yang kedua melalui Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.  

Bertepatan dengan hari ulang tahun (HUT) ke- 17 PPDI Jatim yang digelar di Surabaya, Selasa, Gubernur Khofifah dianugerahi sebagai Ibu Perangkat Desa Jatim. 

Kepala Seksi Pemerintahan Desa Kates, Kecamatan Kauman, Tulungagung, Mulyono menilai kepemimpinan Khofifah-Emil selama hampir lima tahun terakhir sangat baik.

"Warga desa merasakan kemajuan di era Khofifah-Emil, khususnya di sektor pertanian," ujarnya kepada wartawan di sela perayaan HUT ke-17 PPDI Jatim di Surabaya.

Menurutnya warga desa lebih mudah mengakses pupuk subsidi di era Khofifah-Emil. Karenanya dia berharap Khofifah-Emil bisa memimpin Jatim kembali.

"Saya harap kinerjanya bisa bertahan. Kalau bisa dilanjutkan memimpin Jatim sampai periode selanjutnya," ucapnya.

Senada, Kepala Dusun Srau, Desa Candi, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Tumino, mengapresiasi Khofifah-Emil yang berkomitmen mensejahterakan warga.

"Sejak adanya PPDI ini, bantuan dari Bu Khofifah-Emil dikasih tambahan untuk penghasilan perangkat desa. Kerja keduanya nyata," katanya.

Menurutnya kalau sudah ada pasangan pemimpin yang baik, buat apa cari yang lain. "Lebih baik dilanjutkan," tuturnya.

Kepala Dusun Kutukan, Desa Kunjang, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri, Suwoko, memuji pelayanan Khofifah-Emil ke masyarakat.

"Bantuannya bagus, kami harap bisa ditambah dan lebih tepat sasaran," ucapnya.

Suwoko menilai sektor pertanian sangat maju di era Khofifah-Emil. "Keperluan pupuk untuk petani juga dibantu. Tentu harapan kami kalau bisa terus, lanjutkan Khofifah-Emil," katanya.

Staf Tata Usaha Desa Jatimulyo, Tuban, Weni Mariati, menilai sektor pendidikan di era Khofifah-Emil mulai merata hingga ke pelosok Jatim.

"Segi pendidikan baik dan pembangunannya merata. Pendidikan merata sampai pelosok daerah," ujarnya.

Weni mengapresiasi karena perangkat desa mendapat penghasilan tetap yang rutin selama Khofifah-Emil memimpin Jatim.

"Penghasilan tetap cairnya rutin. Perlu dilanjutkan, kepemimpinan Khofifah-Emil bagus," ucapnya.
 

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023