Wali Kota Madiun, Jawa Timur,  Maidi bersama jajaran Forkopimda setempat memantau sejumlah objek vital dan fasilitas umum sebagai persiapan menghadapi perayaan  Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Sejumlah objek vital dan fasilitas umum yang ditinjau di antaranya adalah Terminal Purbaya Madiun, Stasiun Madiun, Pasar Besar Madiun, RSUD Kota Madiun, dan Bulog Madiun.

"Hari ini kami cek dan semuanya sudah siap. Stok barang kebutuhan cukup dan bahkan melimpah," ujar Wali Kota Maidi saat pemantauan kesiapan fasum di Madiun, Selasa.

Wali Kota menyebut sejumlah fasilitas umum tersebut sudah siap untuk menyambut perayaan Natal dan tahun baru di Kota Madiun.

"Harga bahan pangan juga stabil. Hanya, cabai yang masih tinggi di harga Rp70 ribu. Tetapi stok banyak dan minat pembeli kurang. Artinya, akan terjadi deflasi dan harga biasanya akan semakin turun," katanya.

Terkait stasiun dan terminal, pihaknya memastikan kedua fasum tersebut juga sudah siap dengan menyiagakan semua yang mungkin diperlukan.

Stasiun, kata Wali Kota, tinggal menyambut para penumpang sebab, semua tiket hingga Desember sudah banyak terjual. Wali kota juga memastikan ketersediaan tempat duduk penunggu, fasilitas kesehatan, kamar mandi, dan lain sebagainya.

"Stasiun, tiket sudah terjual semuanya, tinggal menunggu nanti lonjakan penumpang. Semua fasilitas di stasiun juga sudah siap semuanya," katanya.

Begitu juga di terminal, Maidi menyebut pihak terminal juga sudah menyiapkan alternatif tempat parkir armada bus jika terjadi penambahan. Rencananya, akan menggunakan terminal barang. Artinya, bus yang menunggu jadwal pemberangkatan tidak mengganggu akses jalan.

"Semuanya bagus, persiapan sudah luar biasa, termasuk fasilitas kesehatan di rumah sakit," kata dia.

Ia berharap  angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Kota Madiun  berjalan lancar tanpa kendala.

Dalam kegiatan pemantauan tersebut, Wali Kota Madiun Maidi didampingi Sekda Kota Madiun Soeko, anggota forkopimda setempat, dan sejumlah kepala OPD terkait.
 

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023