Sejumlah kiai kampung Jawa Timur mengatasnamakan Komunitas Poro Kiai (Kopi) serta komunitas Rejo Semut Ireng deklarasi mendukung pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di Surabaya, Senin.

"Deklarasi ini berangkat dari dawuh-nya Gus Dur yang menyatakan bahwa Pak Prabowo adalah orang yang paling ikhlas," ujar Ketua Komunitas Poro Kiai (Kopi) Jatim Mahrus Ali kepada wartawan usai deklarasi.

Hadir pada kesempatan tersebut sebanyak 130 kiai dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur. 

Kiai asal Pesantren Sabilul Muttaqien Pacet, Mojokerto, tersebut mengatakan bahwa dawuh Gus Dur yang dianggap sebagai wali adalah panutan dan sangat dihormati para kiai.

"Gus Dur juga menyebut bahwa Prabowo akan menjadi Presiden Indonesia di hari tuanya. Maka atas dawuh itu kami satukan langkah kiai 'akar rumput' di Jatim untuk bersama-sama deklarasi mendukung Prabowo-Gibran," ucapnya.

Pihaknya juga berkomitmen melakukan konsolidasi dan menggerakkan komunitas di seluruh Jatim agar langkah memenangkan Prabowo-Gibran bisa terwujud.

"Kami memiliki harapan besar kepada Pak Prabowo. Bahwa jika beliau menjadi presiden, madin dan juga pesantren yang ada di kampung-kampung yang selama ini masih kurang perhatian bisa mendapatkan perhatian lebih," katanya.

Sementara itu, perkumpulan komunitas "Rejo Semut Ireng" dan Kopi (Perkumpulan Poro Kiai) adalah dua perkumpulan saling menguatkan satu sama lain.

"Dua perkumpulan ini bertemu karena kesamaan visi dalam rangka mendukung capres dan wapres Prabowo-Gibran. Bagi 'Rejo Semut Ireng', keberhasilan Presiden Jokowi harus diteruskan dalam rangka menyambut Indonesia emas 2045," tuturnya.

Pewarta: Hanif Nasrullah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023