Kepolisian Daerah Jawa Timur melakukan memberi perhatian khusus perlintasan kereta api tak berpalang yang ada di wilayah setempat saat libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Kami prediksi ribuan kendaraan yang akan melintasi perlintasan kereta api setiap harinya pada libur Natal dan tahun baru, ini menjadi perhatian kami dan sudah kami petakan pula," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Jatim Komisaris Besar Polisi Komarudin di Surabaya, Senin.

Oleh karenanya, Komarudin meminta pemerintah daerah setempat yang terdapat perlintasan kereta api tak berpalang agar menempatkan petugas untuk menjaga perlintasan sebidang tersebut.

"Pada libur Natal dan tahun baru tentu mobilitas masyarakat akan tinggi, belum lagi masyarakat dari luar Jawa Timur yang datang ataupun melintasi wilayah Jawa Timur, untuk itu harus diperhatikan demi kelancaran dan keamanannya," ucapnya.

Ia mengimbau masyarakat untuk senantiasa waspada jika melewati perlintasan sebidang yang tanpa palang pintu ini.

Selain memberikan perhatian khusus kepada perlintasan kereta api tak berpalang, Polda Jawa Timur telah menyiapkan personel gabungan untuk menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat yang sedang mengisi hari libur akhir tahun itu.

Dia menjelaskan pengamanan pada Operasi Lilin Semeru dilakukan oleh petugas kepada umat Nasrani yang akan menjalankan ibadah Natal juga agar tercipta keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas.

"Untuk itu kami sebar personel yang terlibat dalam Operasi Lilin Semeru di seluruh wilayah Jawa Timur dan ditempatkan pada titik-titik yang sudah kami petakan," tutur dia.

Pewarta: Willi Irawan

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023