Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangkalan baru menerima kiriman sebanyak 831.934 lembar surat suara Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI untuk Pemilihan Umum 2024.

"Surat suara DPD RI kami terima pada tanggal 12 Desember 2023. Totalnya sebanyak 814.366 sesuai daftar pemilih tetap (DPT) ditambah cadangan 2 persen, jadinya 831.934 lembar surat suara," kata anggota KPU Bangkalan Arif Bachtiar di Bangkalan, Jumat.

Ia mengatakan surat suara yang diterima itu dari rekanan asal Klaten, yakni PT Wacana Jaya Cemerlang. Sedangkan surat suara pilpres, DPR RI, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten masih dalam proses cetak.

"Surat suara DPR RI serta DPRD provinsi dan DPRD kabupaten dicetak oleh PT Prima Media Grafika di Kabupaten Gersik. Pendistribusiannya dijadwalkan tanggal 21 Desember untuk surat suara DPR RI, 30 Desember untuk surat suara DPRD kabupaten dan 6 Januari untuk surat suara DPRD Provinsi," kata Arief.

Sementara untuk surat suara pilpres, KPU Bangkalan belum menerima petunjuk teknis dari KPU Provinsi Jatim dan juga KPU RI tentang rekanan pemenang tendernya.

Terhadap surat suara yang sudah tiba di gudang penampungan logistik KPU Bangkalan masih dalam kondisi tersegel sebab belum ada juknis yang diterima KPU tentang penyortiran dan pelipatannya.

"Sampai saat ini kami masih belum menerima juknisnya, apakah proses sortir dan pelipatan surat suara itu dilakukan tender atau bagaimana kami belum tahu, kami masih menunggu juknisnya," katanya.

Pemungutan suara Pemilu 2024 di Kabupaten Bangkalan akan digelar di 3.082 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar pada 273 desa dan delapan Kelurahan se-Kabupaten Bangkalan.

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023