Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya kembali menorehkan prestasi dalam kurun waktu kurang dari satu pekan dengan menerima empat penghargaan sekaligus yang terdiri dari satu tingkat provinsi dan tiga jenjang nasional.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan bahwa penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas komitmen pemkot dalam meningkatkan kesejahteraan nelayan di Kota Pahlawan.

"Alhamdulillah, Pemkot Surabaya kembali menerima penghargaan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur. Ini merupakan bentuk apresiasi atas kerja keras semua jajaran dalam menyejahterakan para nelayan," kata Wali Kota Eri Cahyadi, Jumat.

Penghargaan pertama diberikan oleh Pemerintah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur kepada Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, adalah kategori "Kepala Daerah Paling Peduli Nelayan" tersebut diberikan dalam acara di Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran Surabaya, pada Senin, 11 Desember 2023.

Selain dari Pemprov Jawa Timur, pemkot juga menerima penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), bertajuk "Anugerah Innovative Government Award (IGA) Tahun 2023" diserahkan oleh Kemendagri dalam acara yang digelar di Jakarta Pusat, Selasa, 12 Desember 2023.

IGA 2023 merupakan penghargaan yang diberikan kepada pemerintah daerah yang berhasil melakukan inovasi dalam pelayanan publik. Pemkot Surabaya berhasil meraih penghargaan tersebut dalam kategori "Kota Sangat Inovatif".

Wali Kota Eri menyatakan semua pelayanan yang dilakukan Pemkot Surabaya tujuan utamanya bukan untuk penghargaan, tetapi untuk menyejahterakan warga kota setempat.

"Semua pelayanan di Kota Surabaya kita lakukan dengan digitalisasi. Semua informasi dan semua yang dikerjakan sudah kita lakukan bersama masyarakat, mulai RT/RW di Surabaya bisa melihat jumlah stunting, kemiskinan, hingga pengangguran di kampungnya masing-masing," ucapnya.

Kemudian ketiga, Pemkot Surabaya meraih penghargaan "Pemerintah Daerah dengan Layanan Call Center (CC) 112 Terbaik 2023". 

Penghargaan tersebut diberikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Bidang Penyelenggaraan Pos dan Informatika di Jakarta Pusat, Selasa, 12 Desember 2023.

Penghargaan itu diberikan atas kinerja layanan Call Center 112 Pemkot Surabaya yang dinilai sangat baik.

Wali Kota Eri menyebut penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas kerja keras seluruh petugas CC 112 dalam melayani masyarakat, khususnya di bidang kedaruratan.

CC 112 Pemkot Surabaya merupakan layanan 24 jam yang dapat dihubungi oleh masyarakat untuk melaporkan berbagai kejadian darurat, seperti kebakaran, kecelakaan, hingga tindak kriminal.

"Layanan Command Center 112 telah membawa dampak positif dalam meningkatkan keamanan dan kesejahteraan masyarakat Kota Surabaya," tutur Wali Kota Surabaya.

Sementara keempat, Pemkot Surabaya meraih anugerah predikat Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik (Opini Pengawasan Penyelenggaraan Pelayanan Publik) Tahun 2023 dari Ombudsman Republik Indonesia (RI).

Penghargaan ini diterima pemkot dalam acara yang digelar Ombudsman RI di Jakarta, Kamis 14 Desember 2023. (ADV)

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Abdul Hakim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023