Penjabat (Pj) Bupati Lumajang Indah Wahyuni mengatakan kegiatan "Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Fair 2023" merupakan sinergi untuk membangun usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan pendidikan di wilayah setempat.

"Saya harap kegiatan 'Dindikbud Fair' selain dapat memberikan wadah bagi anak-anak. Kegiatan juga dapat memperkenalkan UMKM atau bahkan bisa membawa produk lokal ke pasar ekspor," kata Indah Wahyuni saat membuka kegiatan itu di alun-alun Kabupaten Lumajang, Selasa.

Menurutnya, acara tersebut merupakan rangkaian kegiatan untuk memperingati Hari Jadi Ke-768 Lumajang (Harjalu) dan pembukaan kegiatan itu juga diselenggarakan secara serentak di seluruh koordinator wilayah pendidikan dan kebudayaan (Dikbud) kecamatan se-Kabupaten Lumajang melalui live streaming.

Sesuai dengan tema Harjalu Ke-768 "Sinergi Bersama Memperkuat UMKM", tercatat kurang lebih 700 pelaku UMKM hadir untuk mengikuti kegiatan Dindikbud Fair tahun 2023 di seluruh Korwil Dikbud kecamatan.

"UMKM telah menjadi tulang punggung ekonomi lokal yang itu merupakan pilar utama dalam memperkaya warna dan keragaman dalam pembangunan daerah," tuturnya.

Untuk itu, kata dia, "Dindikbud Fair 2023" tersebut merupakan gambaran nyata sebuah sinergi bersama di bidang pendidikan dan UMKM.

"Kami hadir disini dengan tekad bulat untuk memberikan dukungan penuh bagi perkembangan dan pertumbuhan UMKM. Semoga dengan menguatnya UMKM bisa meningkatkan daya beli masyarakat dan roda ekonomi menjadi lebih baik lagi," katanya.

"Dindikbud Fair 2023" dihadiri masyarakat baik yang menyaksikan secara langsung maupun yang melalui daring di 21 kecamatan yang mencerminkan dukungan dan sinergi dalam mewujudkan visi bersama untuk memperkuat UMKM.

"Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan panggung bagi civitas pendidikan dan kebudayaan di seluruh wilayah Lumajang untuk berkarya, berinovasi dan berkreasi, tetapi juga dapat memperkenalkan potensi UMKM lokal kepada khalayak luas," ujarnya.

"Dindikbud Fair 2023" diharapkan dapat memberikan panggung bagi civitas pendidikan dan kebudayaan di seluruh wilayah Lumajang untuk berkarya, berinovasi dan berkreasi, tetapi juga dapat memperkenalkan potensi UMKM lokal kepada khalayak luas.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023