Pemerintah Kabupaten Situbondo menyalurkan bantuan sosial kemiskinan ekstrem berupa paket sembako untuk belasan ribu warga miskin yang tersebar di 136 desa/kelurahan di wilayah setempat.

Bupati Situbondo Karna Suswandi mengemukakan bahwa penyaluran bantuan pangan berupa beras, gula pasir dan minyak goreng itu dilaksanakan sejak dua pekan terakhir dan diserahkan langsung oleh bupati dan wakil bupati serta sekretaris daerah (Sekda) termasuk pula pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

"Bansos kemiskinan ekstrem ini mulai dibagikan kepada penerima pada 4-10 Desember 2023. Ada 132 desa dan 4 kelurahan di Situbondo. Penyalurannya dilakukan langsung oleh saya sendiri, Bu Wabup, Pak Sekda dan pimpinan OPD," kata Bung Karna, sapaan Bupati Karna Suswandi di Situbondo, Jawa Timur, Senin.

Ia menegaskan bahwa bantuan sosial kemiskinan ekstrem tersebut merupakan bentuk kepedulian Pemkab Situbondo kepada masyarakat.

"Kepada masyarakat penerima bansos kemiskinan ekstrem saya minta tolong jangan dilihat banyak sedikitnya paket sembako yang diberikan. Tetapi lihatlah ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah daerah kepada rakyatnya," ujar Bung Karna.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Situbondo Timbul Surjanto menyebutkan jumlah penerima bansos 13.462 orang dan tiap desa dan kelurahan mendapat kuota bansos kemiskinan ekstrem sebanyak 99 paket.

"Masing-masing paket sembako itu berisi 5 kilogram beras, minyak goreng, gula pasir 1 kilogram," katanya.

Timbul menambahkan, bantuan sosial berupa paket sembako ini diharapkan bisa menekan angka kemiskinan ekstrem di Kabupaten Situbondo.

"Selain itu kami juga berharap bisa menjaga inflasi daerah agar tetap rendah dan mampu menekan angka stunting," tutur dia.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023