PT Pelindo Marine Service atau Pelindo Marine membantu petani lahan kering di Desa Peddes Petaonan, Socah, Kabupaten Bangkalan, Madura menemukan sumur sumber air tawar.

"Sumur air bersih (tawar, bukan payau atau asin) bagi petani dan masyarakat di kawasan kering di Pulau Madura ini ibarat kata seperti ‘harta karun’. Kami sering terkendala biaya untuk menemukan dan membangun sumur," kata perwakilan Desa Peddes Petaonan, Socah, Kabupaten Bangkalan Alfarobi Hasan di lokasi sumur, Senin.
 
Pihaknya bersyukur dan berterima kasih kepada PT Pelindo Marine Service yang telah mewujudkan mimpi kelompok tani untuk memiliki sumur, lengkap dengan instalasi airnya, seperti pompa listrik, tandon air, dan perpipaan.
 
Alfarobi Hasan menambahkan sumur dukungan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dari Pelindo Marine itu kemudian disebut oleh warga sebagai ‘Sumber Air Berkah’, karena air bersih merupakan berkah.
 
Sumur tersebut diharapkan dapat meningkatkan pertanian. Dari yang semula dalam setahun hanya satu kali musim tanam.
 
"Dengan tercukupinya air, petani bisa menanam setidaknya dua kali per tahun. Lahan pertanian merupakan ladang penghidupan ribuan keluarga di Madura," ujarnya.
 
Direktur Utama Pelindo Marine, Warsilan mengatakan bidang lingkungan merupakan salah satu prioritas penyaluran Program TJSL BUMN Indonesia.
 
Seperti Sumber Air Berkah dari Pelindo Marine yang semoga tidak hanya menjadi solusi bagi masalah kekeringan lahan pertanian, tetapi juga untuk meningkatkan hasil panen demi peningkatan kesejahteraan petani dan keluarganya.
 
"Peningkatan kesejahteraan inilah yang diharapkan menjadi manfaat yang berkelanjutan bagi masyarakat. Karena dengan kondisi yang lebih sejahtera diharapkan kualitas kesehatan dan pendidikan dapat turut terangkat," ucapnya.
 
Sementara itu Direktur Keuangan, SDM, dan Umum Pelindo Marine, Lia Indi Agustiana menjelaskan bahwa penyaluran Program TJSL tersebut merupakan rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-12 perusahaan yang tahun ini bertema seperti lirik lagu ulang tahun, "Panjang Umurnya, serta Mulia".
 
"Harapannya semoga Pelindo Marine panjang umur keberlangsungan operasional bisnisnya, serta menjadi mulia dengan memuliakan tidak hanya pengguna jasa dan mitra kerja," ujarnya.
 
"Tetapi terutama memuliakan masyarakat dengan komitmen Pelindo Marine dalam mendukung solusi yang berkelanjutan terhadap permasalahan yang ada di tengah-tengah masyarakat," tambahnya.

Pewarta: Willi Irawan

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023