Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberikan isyarat/sinyal bergabung sebagai tim pemenangan pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, setelah purna tugas pada 31 Desember 2023.

"Resminya nanti Januari kawan-kawan," kata Khofifah di Surabaya, Minggu.

Sinyal langkah dukungan Khofifah juga diperjelas dengan pernyataannya dengan menyebut bahwa partai-partai yang memberikannya rekomendasi maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Timur 2024, merupakan bagian dari partai-partai pengusung Prabowo-Gibran yang tergabung di Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Diketahui, saat ini sudah dua partai KIM yang resmi memberikan rekomendasi bagi Khofifah berkompetisi di Pilkada Jawa Timur tahun depan, yakni Partai Amanat Nasional (PAN) dan Gerindra.

"Kawan-kawan bisa melihat trennya bahwa partai-partai pengusung ini kebetulan afiliasinya di 02," ujarnya.

"Kawan-kawan sudah bisa melihat tren afiliasi pengusungnya," lanjutnya.

Baca juga: Gerindra resmi rekomendasi Khofifah maju di Pilkada Jawa Timur 2024

Sementara, Khofifah menyebut setelah purna tugas sebagai Gubernur Jawa Timur akan melaksanakan melaksanakan ibadah umroh.

"Saya umroh tanggal 1 Januari, pokoknya ditanggal itu saya umroh," ucapnya.

Sebagaimana yang diketahui, Khofifah pada hari ini telah resmi menerima rekomendasi dari Partai Gerindra untuk bertarung di Pilkada Jawa Timur 2024.

Rekomendasi Gerindra itu menyusul langkah PAN yang terlebih dahulu menyerahkan surat serupa di Surabaya, pada Senin, 4 Desember 2023.

Kemudian, Khofifah menyebut Partai Demokrat juga mendukungnya untuk maju di gelanggang pertarungan Jatim 1, namun hal itu masih sebatas lisan.

"Kemarin PAN, kemudian secara lisan Pak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) juga menyampaikan insya Allah Demokrat juga mendukung," kata Khofifah.

Baca juga: Khofifah sampaikan terima kasih atas dukungan SBY di Pilkada 2024

Khofifah juga menyatakan sudah mendengar informasi dukungan dari Partai Golkar, dia pun menunggu penyertaan resminya.

"Golkar sudah terkonfirmasi tetapi suratnya belum sampai, saya sudah dapat informasi," kata dia.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024, yakni pasangan nomor urut satu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, pasangan nomor urut dua Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan pasangan nomor urut tiga Ganjar Pranowo-Mahfud MD.
 
Masa kampanye ditetapkan mulai Selasa (28/11) hingga tanggal 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.
 

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023