Pemerintah Kabupaten Magetan menanam ribuan bibit pohon guna mendukung program kelestarian lingkungan dan menekan ancaman perubahan iklim.

Kegiatan yang digelar bekerja sama dengan Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta cabang Jawa Timur tersebut menanam sedikitnya 2.000 bibit pohon di Hutan Kota wilayah Banjarmlati, Tambran, Kabupaten Magetan, Sabtu.

"Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Magetan sangat mendukung upaya pelestarian lingkungan. Hal ini selaras dengan kebijakan yang mewajibkan setiap ASN naik pangkat atau mendapat jabatan baru, wajib menanam pohon untuk penghijauan alam," ujar Pj. Bupati Magetan Hergunadi.

Pihaknya juga mengajak semua yang hadir pada kegiatan tersebut untuk menjadikan penanaman pohon sebagai wujud komitmen bersama dalam melestarikan alam.

Adapun, kegiatan tersebut juga dalam rangka peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) Tahun 2023.

"Saya berharap pohon-pohon yang kita tanam ini untuk terus dijaga sehingga kelestarian alam dan fungsi dari pohon itu sendiri bisa kita rasakan di kemudian hari," katanya.

Terdapat 2.000 bibit pohon yang ditanam, di antaranya 500 batang bibit pohon kayu keras trembesi, serta bantuan aneka bibit buah untuk Kelompok Tani Hutan antara lain Alpukat Ijo Panjang, Alpukat Ijo Bundar, Durian Otong, Mangga Arumanis, rambutan, jeruk, Petai Gobang, Sirsak Batu Ratu, Jambu Air Dalhari, dan Nangka Kandel.

Pada kesempatan terpisah, Pemkab Magetan juga menyambut baik upaya mahasiswa Fakultas Kehutanan UGM Yogyakarta yang melakukan penanaman 6.000 bibit pohon di hutan kawasan lereng Gunung Lawu wilayah Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan.

Pj Bupati Hergunadi menyatakan bahwa upaya penanaman bibit pohon tersebut akan membawa dampak positif bagi kelestarian hutan di kawasan Gunung Lawu, mengingat kawasan tersebut bekas kebakaran pada bulan Oktober 2023.

"Atas nama pemerintah Kabupaten Magetan, kami juga ucapkan banyak terima kasih atas kegiatan yang dilaksanakan teman-teman dari UGM," kata Hergunadi.

Kegiatan dari UGM tersebut merupakan kegiatan tahunan dari Fakultas Kehutanan yang tahun ini dipilih kawasan hutan Gunung Lawu Magetan yang diikuti oleh 400 mahasiswa angkatan 2022.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023